Jakarta, TopBusiness—Selain tentu berdampak positif ke masyarakat, program TJSL (tanggung jawab sosial dan lingkungan) gelaran PLN Icon Plus sudah membawa dampak nyata bagi perusahaan tersebut. Dalam presentasi untuk Dewan Juri Top CSR Awards 2025 yang digelar Majalah TopBusiness (7/2/2025), Corporate Secretary PLN Icon Plus, Heni Utari, menjelaskan hal itu.
“Bahkan, program TJSL kami sudah menjadi revenue support buat perusahaan,” kata dia.
Pengukuran dampak CSR/TJSL dengan metode SROI (social return on investment) pun menghasilkan skor melebihi level 1. “Jadi, setiap Rp1 dana TJSL yang kami keluarkan, menghasilkan keuntungan buat kami melebihi Rp1,” Heni menjelaskan.
Contoh nyata CSR yang mendatangkan pendapatan tersebut, adalah digitalisasi sekolah di Kabupaten Belitung Timur, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Program tersebut memberikan akses digital ke sekolah. Itu untuk manajemen sekolah, siswa-siswi dan orang tua mereka, serta Dinas Pendidikan Belitung Timur.
Bagi penerima program tersebut, ada beberapa manfaat. Siswa mendapatkan bantuan akun LMS (learning management system) gratis setahun. Hasilnya, mereka mudah mengakses informasi yang dibutuhkan sehingga memudahkan memelajari materi dari guru.
Heni menjelaskan lagi bahwa program itu memberikan 50 akun LMS gratis ke siswa dari 130 sekolah, dalam setahun. Ke guru di 130 sekolah itu pun, 50 akun digratiskan setahun. “Hal tersebut meningkatkan citra sekolah serta mendigitalisasi proses belajar,” papar Heni.
Juga, program tersebut membantu Dinas Pendidikan Belitung Timur dalam implementasi sekolah digital.
Adapun bagi PLN Icon Plus, program tersebut pun mendatangkan pendapatan. Sebab, 130 sekolah tersebut berlangganan internet dari PLN Icon Plus.
Program tersebut pun mendukung Program Asta Cita milik Pemerintah Indonesia. Persisnya, terkait dengan poin nomor empat tentang ‘memerkuat pembangunan SDM, sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas’.
Sejumlah hal lain pun dijelaskan Heni dalam presentasi tersebut. Antara lain, dijelaskannya bahwa aspek ESG (environment, social, and governance), sangat diperhatikan oleh PLN Icon Plus. “Semua bisnis yang dijalankan PLN Icon Plus harus mengacu ke ESG,” Heni menegaskan.
PLN Icon Plus berhasil melakukan program TJSL berkelanjutan dengan pemenuhan ESG, SDGs serta SROI. Hal ini bisa memerluas dan memerbesar manfaat bagi penerima manfaat, dan tentunya bagi PLN Icon Plus.
Bagaimana dengan aspek GCG (good corporate governace) di PLN Icon Plus? Heni menjelaskan bahwa, untuk tahun 2023, PLN Icon Plus mendapat skor GCG 93,3. Untuk tahun 2022 dan 2021, skor tersebut masing-masing sebagai berikut: 91,2% dan 92,7%.