Home Ekonomi BUMN Bagi PGN, Data Digital Sangat Penting

Bagi PGN, Data Digital Sangat Penting

Ilustrasi/Istimewa

Jakarta, TopBusiness—Direktur Komersial Perusahaan Gas Negara (PGN), Danny Praditya, mengatakan di Jakarta (26/9/2018) bahwa pihaknya mengimplentasikan TI (teknologi informasi) secara intensif di semua lini bisnis.

Terkait pengolahan data, hasil dari situ adalah adanya suatu data digital profil pelanggan yang bisa punya nilai bisnis.

“Kami punya 200.000-an pelanggan rumah tangga. Dari sini, PGN bisa punya bisnis lain. Misalnya, kerja sama dengan BUMN lain seperti Sarinah untuk penjualan produk mereka dengan berbasis data digital PGN,” kata Danny dalam sebuah talk show di Kementerian BUMN RI, yang digelar oleh Ikatan Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri Indonesia.

Danny menambahkan bahwa ada hal lain yang bisa dilakukan PGN dengan adanya data tersebut. “Misalnya saja, pricing bisa dilakukan berbasis data tersebut,” ucap dia.
Digitalisasi dapat memerbaiki berbagai hal. Antara lain meningkatkan tingkat keselamatan kerja.

“Di samping itu, digitalisasi di sebuah perusahaan energi bisa mengurangi biaya-biaya dalam produksi minyak dan gas. Di pembangkit listrik, digitalisasi juga bisa berperan seperti itu,” Danny mengatakan.

Penulis/Peliput: Achmad Adhito

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here