Home Ekonomi Capital Market Dicatat Perdana, Saham SATU Melonjak Hingga 69 Persen

Dicatat Perdana, Saham SATU Melonjak Hingga 69 Persen

Bursa Efek Indonesia (Foto: Klubsaham)

Jakarta, TopBusiness – PT Kota Satu Properti Tbk resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini dengan kode saham SATU. Emiten sektor properti ini menjadi emiten ke-48 di tahun ini.

Pada pencatatan perdananya, SATU diperdagangkan hingga ke posisi Rp198 per lembar saham dari harga awal yang dipatok Rp117 atau sebesar 69,23 persen.

Saham SATU itu pun langsung autoreject karena melonjak tinggi. Dan saat listing, saham tersebut diperdagangkan dengan frekuensi 1 kali dan volume 3 kali.

Direktur Utama SATU, Herowiratno Gunawan menegaskan langkah perseroan untuk melakukan proses penawaran perdana saham atau initial public offering (IPO) di tahun ini merupakan bagian dari visi dan misi perseroan untuk menjadi prngembang properti dan perhotelan yang terpercaya di Indonesia.

“Dan dari dana IPO ini perseroan berencana untuk memulai pengembangan kawasan The Amaya tahap 2 sebagai hunian modern dan sekaligus fasilitas-fasilitas yang mendukung,” ujar dia di Gedung BEI, Jakarta, Senin (5/11/2018).

Selain itu, kata dia, dana hasil IPO itu rencananya juga digunakan untuk mendukung kegiatan usaha dan pengembangan usaha entitas anak langsung perseroan yakni PT Kota Satu Manajemen dan entitas anak tidak langsung yakni PT Kota Satu Persada melalui penyertaan dalam bentuk tambahan modal disetor.

Dalam IPO tersebut, kata dia, SATU mematok harga IPO senilai Rp117 per lembar saham. Perseroan menawarkan 500 juta lembar saham atau 40 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan setelah IPO.

“Dan dari nilai tersebut perseroan meraih dana Rp58,5 miliar. Juga IPO kami mengalami oversubscribed (kelebihan permintaan) sebanyak 4,48 kali dari total saham IPO SATU atau oversubscribed sebanyak 348,72 kali dari porsi pooling,” jelasnya.

Perseroan juga menunjuk PT Victoria Sekuritas Indonesia sebagai perusahaan penjamin pelaksana emisi efek (lead underwriter).

Kota Satu Properti merupakan perusahaan properti yang mengembangkan real estate, hotel dan commercial property. Bisnis real estate perseroan SATU diwujudkan dalam pengembangan modern residential estate yaitu The Amaya di Kota Ungaran, Semarang, Jawa Tengah.

Penulis: Tomy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here