Home Ekonomi Business Info Tinggi, Saling Bajak Karyawan Perusahaan Digital

Tinggi, Saling Bajak Karyawan Perusahaan Digital

Sumber Ilustrasi: Istimewa

Jakarta, TopBusiness—Ketua Umum Indonesia E-Commerce Association (Idea), Ignatius Untung, mengatakan di Jakarta hari ini bahwa angka bajak-membajak HC (human capital) di perusahaan ekonomi digital, terbilang tinggi.

“Angka turn over per tahun mencapai 19,22%. Angka ini lebih tinggi daripada di sejumlah industri,” kata Untung saat presentasi mengenai akan diselenggarakannya Idea Works di Februari tahun 2019, di Jakarta.

Untung mengatakan, di perusahaan ekonomi digital tertentu, angka perpindahan karyawan malah bisa mencapai 50%-an. “Kalau seperti ini, sudah tentu sangat merepotkan karena ketika perusahaan sudah mengeluarkan upaya untuk men-training, meningkatkan kompetensi, dan lain-lain, karyawan lantas banyak yang keluar,” kata dia.

Satu penyebab tingginya tingkat perpindahan HC di perusahaan ekonomi digital adalah ketidakseimbangan antara kebutuhan dengan pasokan. Dalam hal ini, ketersediaan HC lebih kecil daripada tingkat permintaan.

Adapun ketika perusahaan ekonomi digital mencari HC lewat head hunter, juga perlu mengeluarkan biaya tambahan yakni komisi. Untuk tingkat karyawan yunior, komisinya berkisar Rp 13,2 juta sampai Rp 29 juta.

“Sedangkan untuk tingkat manajemen puncak, angka komisi itu berkisar Rp 20 juta sampai Rp 1,1 miliar,” Untung menambahkan.

Penulis: Adhito

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here