Home Ekonomi BUMN Oktober 2019, PT Djakarta Lloyd Terbitkan MTN Rp 200 Miliar

Oktober 2019, PT Djakarta Lloyd Terbitkan MTN Rp 200 Miliar

Jakarta, TopBusiness –  Guna mendanai aksi korporasi perseroan, PT  Djakarta Lloyd (DL) pada Oktober 2019 mendatang akan menerbitkan surat utang medium term notes (MTN) sebesar Rp 200 miliar.  Penerbitan MTN itu merupakan tahap pertama dari total nilai emisi Rp 600 miliar yang direncanakan BUMN pelayaran ini.

Direktur Utama DL Suyoto menjelaskan, dana hasil penerbitan MTN tersebut akan digunakan untuk membayar kapal tanker sesuai  kontrak pengangkutan dari Pertamina.

“Untuk MTN ini kita cukup hati-hati, kalau belum ada kontrak kita tidak bisa terbitkan. Tahun ini kita sudah teken kontrak dengan Pertamina jadi berani terbitkan MTN Rp 200 miliar, sesuai harga kapal,” ujar Suyoto saat Ngopi Bareng BUMN di The Gade Coffe & Gold, Gedung Sinergi 8, Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Suyoto menjelaskan, berdasarkan perjanjian kerja sama dengan Pertamina, DL akan membangun 2 kapal tanker.  Satu kapal tanker sudah diberikan uang muka sekitar 30 persen dan sisanya 70 akan dibantu pembiayaan dari Bank BNI.  Sisa satu kapal lainnya akan dibayar menggunakan dana hasil MTN tersebut.

Dengan kupon yang ditawarkan berkisar 10-10,5 persen, Suyoto optimistis MTN tersebut akan direspon positif oleh pasar. Lembaga pemeringkat efek juga sudah memberikan rating AA untuk surat utang tersebut.

Penulis: Nurdian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here