Home Ekonomi BUMN Desa Berinternet (Warung Ides) Kampung Air Labuan Bajo

Desa Berinternet (Warung Ides) Kampung Air Labuan Bajo

Jakarta, TopBusiness  – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meninjau langsung keberadaan Warung Ides milik PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) di Kampung Air, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Warung Ides merupakan program internet rakyat yang merupakan kontribusi untuk peningkatan bandwidth per kapita yang diinisiasi oleh ICON+, anak perusahaan PT PLN (Persero) yang bergerak pada bidang penyediaan layanan telekomunikasi dan teknologi informasi.

Program ini sendiri merupakan bentuk dukungan ICON+ terhadap program PLN, “Desa Berlistrik dan Berinternet”. Dengan keberadaan Warung Ides, masyarakat dan pemerintah di desa-desa di wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T), akan dapat memanfaatkan koneksi internet secara gratis namun dengan layanan yang andal.

Keberadaan Warung Ides di Kampung Air, Labuan Bajo, merupakan salah satu dari rencana pembangunan Warung Ides di Nusa Tenggara Timur (NTT). Ini sejalan dengan rencana penyediaan infrastruktur fiberoptik di NTT yang juga dikerjakan oleh ICON+. Menurut rencana, hingga 2023 mendatang, Warung Ides juga akan beroperasi di Ruteng, Larantuka, Maumere, Kupang, Ende, Bajawa, Waingapu, dan Waikabukak. Masing-masing lokasi tersebut direncanakan akan dapat menampung 100 access point.

Di seluruh Indonesia, keberadaan Warung Ides telah tersebar cukup merata. Saat ini, ICON+ telah menyediakan 4.092 desa berinternet di sejumlah lokasi mulai dari Aceh, Belitung, Tasikmalaya, Wonosobo, Makassar, Banyuwangi, Mandalika, Kutai Timur, hingga Samarinda.

ICON+ menargetkan akan ada 15.000 warung ides terimplementasi di seluruh wilayah Indonesia.

albarsyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here