Home Ekonomi Business Info Ini Anjuran Akuntan agar Tax Ratio Naik

Ini Anjuran Akuntan agar Tax Ratio Naik

Foto: istimewa

Jakarta, TopBusiness—Pengamat akuntansi, Tarko Sunaryo, mengatakan di Jakarta (9/10/2019) bahwa sebenarnya ada satu cara menaikkan tax ratio di Indonesia. Yakni dengan benar-benar mewajibkan wajib pajak melaporkan laporan keuangan yang telah diaudit akuntan publik.

“Saat ini, yang diaudit oleh akuntan publik baru 30.000-an dari total wajib pajak [badan],” kata Tarko saat menjadi pembicara dalam satu talk show di Expo Profesi Keuangan 2019.

Tarko mengatakan, berdasarkan Undang-undang Akuntan Publik, sebenarnya disebutkan bahwa setiap wajib pajak badan, harus menyerahkan laporan keuangan yang telah diaudit akuntan publik, ke pemerintah. Kewajiban serupa berlangsung untuk wajib pajak pribadi yang menyelenggarakan usaha.

“Kalau disebutkan ‘wajib’, mestinya ada sanksi kalau tidak dilakukan,” kata ketua umum Ikatan Akuntan Publik Indonesia itu.

Yang kini terjadi, ketentuan itu tidak diimplementasikan penuh. “BKPM pun tidak mewajibkan hal itu. Hanya meminta laporan realisasi investasi,” kata dia.

Pemerintah daerah pun, Tarko menambahkan, tidak pernah meminta laporan keuangan yang telah diaudit.

(Adhito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here