Home Ekonomi Kemenkeu Gelar Bersih Pantai

Kemenkeu Gelar Bersih Pantai

Jakarta, TopBusiness – Kementerian Keuangan atau Kemenkeu menggelar acara “Kemenkeu Bersih Pantai” di Pantai Tanjung Pasir, Neglasari Tengerang, Jumat (11/10) ini. Itu dilaksanakan dalam rangka menuju peringatan Hari Oeang tiap tanggal 30 Oktober.

“Dalam rangka memperingati 73 hari menuju hari Oeang yang ke-73. Untuk tahun ini, salah satu kegiatannya adalah bersih pantai. Kita memilih Pantai Tanjung Pasir,” ujar Menkeu Sri Mulyani Indrawati, dalam laman kemenkeu.go.id, di Jakarta.

Acara ini sekaligus bertujuan mengedukasi masyarakat mengenai soal pentingnya pengendalian masalah sampah plastik untuk menjaga kelestarian alam Indonesia. “Cara kita hidup akan menentukan bentuk kualitas dan jumlah sampah. Saat ini, Indonesia harus mulai memikirkan tidak hanya memikirkan menumbuhkan ekonomi, tetapi juga menangani sampah. Sampah yang sering kita lihat adalah sampah berbentuk plastik,” tuturnya.

Menurut Sri Mulyani, berdasarkan race for water organization, sebanyak 50 Kg sampah plastik dihasilkan per orang per tahun. “Kalau kita orangnya 260 juta, itu angka yang luar biasa. Lima sampai 10 persennya dibuang di lautan. Indonesia dikenal peringkat 2 dunia sebagai penghasil sampah plastik di laut. Oleh karena itu, kita perlu terus menciptakan kesadaran dan men-developt kesadaran secara sistematis. Kalau kita tidak berpikir strategis dan sistematis menangani sampah, maka kita akan hidup dengan sampah,” ungkapnya.

 

Penulis: Agus H

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here