Home Ekonomi BUMN Pertamina Gelar Pengurusan Izin Usaha UMKM

Pertamina Gelar Pengurusan Izin Usaha UMKM

sumber: elshinta.com

Jakarta, TopBusiness – Pertamina Marketing Operation Region atau MOR I menggelar program pengurusan izin usaha UMKM untuk mitra binannya di Sumatera Utara. Perseroan menggandeng Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Deli Serdang dan Rumah Zakat.

“Dalam kegiatan ini, kami membantu dan mendampingi UMKM mitra binaan dalam mengurus izin usaha. Semua biaya ditanggung Pertamina. Tujuannya agar UMKM bisa naik kelas, mengembangkan usahanya lebih baik lagi,” ujar Roby Hervindo, unit manager comm, rell & CSR MOR I, dalam laman pertamina.com, di Jakarta, hari ini.

Sejumlah 30 pelaku UMKM, lanjut Roby, menjadi peserta program Pengurusan Izin Usaha UMKM. Mereka adalah mitra binaan Program kemitraan (PK) Pertamina dari wilayah Kabupaten Deli Serdang, Tapanuli Tengah, Langkat dan Kota Medan.

Kepala Disperindag Deli Serdang, Ramlan Refis, mengungkapkan dukungannya pada kegiatan ini. “Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para UKM bisa segera mengurus perizinan usahanya. Bila memiliki izin, akan mudah bagi mereka untuk mengembangkan usahanya dan berjualan pun menjadi tenang,” kata Refis.

Pimpinan Rumah Zakat Medan Yunus Azis menjelaskan, pihaknya melaksanakan teknis pengurusan izin usaha. “Ada beragam jenis izin usaha yang kami bantu dan bimbing pengurusanya. Diantaranya Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), juga label Halal dari MUI,” jelasnya.

 

 

Penullis: Agus H

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here