Peringkat idAAA untuk PIHC

Penulis Agus

Jakarta, TopBusiness – Lembaga pemeringkat efek, PT Pefindo menetapkan peringkat “idAAA” untuk PT Pupuk Indonesia (Persero) atau PIHC.

Analis, Niken Indriarsih dan Umar Hareddy, di Jakarta, hari menyatakan bahwa outlook peringkat korporasi adalah “stabil”. Obligor berperingkat idAAA merupakan peringkat tertinggi yang diberikan Pefindo.

Kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya, relatif terhadap obligor Indonesia lainnya, adalah superior.

Peringkat perusahaan mencerminkan dukungan yang kuat dari pemerintah dengan peran PIHC yang penting dalam menyediakan dan mendistribusikan pupuk bersubsidi di Indonesia, posisi yang sangat kuat di industri pupuk, dan kegiatan operasi yang terintegrasi.

Namun, peringkat dibatasi oleh struktur modal perusahaan yang moderat, risiko terkait pengadaan gas, dan risiko terkait volatilitas harga komoditas.

Peringkat akan diturunkan apabila kami melihat terdapat penurunan yang material dari dukungan pemerintah terhadap Perusahaan, seperti perubahan skema subsidi dan/atau perubahan kerangka regulasi yang memiliki dampak tidak menguntungkan bagi Perusahaan.

Peringkat juga dapat diturunkan apabila terdapat perubahan harga pupuk dan amoniak di tingkat global yang tidak menguntungkan, yang dapat mempengaruhi pendapatan serta arus kas perusahaan dan/atau apabila perusahaan secara agresif membiayai ekspansi dengan utang yang lebih besar dari yang diproyeksikan, tanpa diimbangi dengan perbaikan pada kinerja bisnis.

Foto: Istimewa

BACA JUGA

Tinggalkan komentar