Jakarta, TopBusiness – PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, memperingati 50 tahun eksistensi bisnisnya yang jatuh tepat pada 1 September 2020 dengan meluncurkan Buku “Pelopor Kurir di Tanah Air”, promo cashback 50 persen, dan berbagi dengan anak yatim yang diinisiasi oleh seluruh kantor cabang TIKI.
Promo cashback 50 persen berlaku untuk produk ONS, REG dan ECO dengan berat minimal 3 kg untuk wilayah Jawa – Bali – Sumatera mulai dari 27 Agustus hingga 26 September 2020.
Selama 5 dekade, TIKI semakin memantapkan posisinya sebagai pionir dan pemimpin di industri jasa kurir dan logistik yang telah terbukti menjadi mitra yang tangguh dan dapat diandalkan oleh para pelaku bisnis di berbagai situasi ekonomi termasuk kondisi pandemi seperti saat ini.
Ke depannya, TIKI akan terus berkomitmen melayani negeri dan menggerakkan roda aktivitas ekonomi di Indonesia melalui jaringan yang tersebar di seluruh pelosok negeri, serta inovasi layanan pengiriman yang disesuaikan dengan kebutuhan pelaku usaha, baik besar maupun UMKM, korporasi maupun perorangan.
Dalam kata sambutannya di acara Konferensi Media 50 Tahun TIKI Melayani Negeri, Yulina Hastuti, President Director TIKI mengatakan, “TIKI telah melalui berbagai fase perkembangan jaman dan perubahan perilaku konsumen, melakukan pembenahan dan memperkuat internal secara terus menerus. Berkat komitmen dan kegigihan para pendiri TIKI lintas generasi serta kerjasama yang solid dengan para mitra waralaba dan karyawan, saat ini TIKI telah menjadi perusahaan jasa kurir dengan jaringan distribusi terluas setelah PT Pos Indonesia, dan bahkan dipercaya menjadi jasa kurir pilihan milenial.”
“Perjalanan dan transformasi bisnis perusahaan selama 50 tahun ini merupakan sebuah pencapaian dan menjadi pengalaman dan pengetahuan yang layak untuk dibagikan kepada masyarakat terutama generasi muda Indonesia. Oleh karena itu bertepatan dengan peringatan 50 Tahun TIKI hari ini, kami meluncurkan Buku “Pelopor Kurir di Tanah Air” yang mendokumentasikan perkembangan jasa kurir di Indonesia dan Langkah kepemimpinan para pendiri TIKI sehingga dapat sukses membangun bisnis TIKI hingga sekarang in,” tutur Yulina yang sekaligus menandai peluncuran Buku “Pelopor Kurir di Tanah Air”.
TIKI terus melakukan inovasi layanan yang disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan konsumen dan memperkuat pemanfaatan teknologi dalam setiap aspek bisnis perusahaan guna meningkatkan produktivitas, efisiensi serta kemudahan interaksi antara perusahaan dengan konsumen. Hal terus dilakukan untuk dapat tetap kompetitif dan merangkul para konsumen milenial.
Menyiasati pandemi Covid-19, TIKI pada pertengahan tahun ini meluncurkan dua layanan baru yakini TIKI PUTAR (Jemput Antar) dan TIKI SERLOK (Seller Online Booking. TIKI PUTAR adalah layanan baru untuk wilayah DKI Jakarta yang memberikan pilihan pengantaran dalam hitungan jam di hari yang sama, dan lebih cepat dari produk Same Day Service.
Sedangkan TIKI SERLOK adalah layanan baru bagi para online seller yang menawarkan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi pengiriman dengan TIKI mulai dari gratis pick up, diskon, fasilitas COD hingga pelunasan H+2 setelah transaksi.
“TIKI secara konsisten menjadi pionir dalam berbagai produk dan layanan yang menjadi unggulan tiap masanya dan hingga saat ini,” kata Ester Wiraseputra, Vice President Director TIKI.
Adapun beberapa produk dan layanan unggulan TIKI antara lain produk Same Day Service (SDS) dan Over Night Service (ONS), layanan TIKI Drive Thru 24 hours, dan layanan Jemput Online / JEMPOL. Produk International (INT) TIKI juga sangat kompetitif mulai dari Rp 100 ribu untuk pengiriman luar negeri. Tidak hanya itu, TIKI juga menjadi jasa kurir pertama dan satu-satunya yang dapat melalukan pengiriman ikan dan tanaman termasuk pengurusan kelengkapan surat-surat yang dibutuhkan.
“Terima kasih kepada para mitra waralaba, karyawan, para konsumen, pemangku kebijakan dan rekan-rekan media atas dukungan dan kepercayaannya kepada kami. Target kami 3-5 tahun ke depan untuk dapat terus mempertahankan kepemimpinan kami di industri ini dengan fokus dalam pengembangan jaringan distribusi agar dapat menjangkau hingga lebih dari 90% wilayah Indonesia, pengembangan dan perluasan cakupan produk dan layanan kami di seluruh Indonesia antara lain layanan TIKI Drive Thru 24 hours, TIKI PUTAR dan TIKI SERLOK, inovasi untuk layanan korporat serta memperkuat infrastruktur operasional dengan mengutamakan teknologi otomasi dan teknologi digital,” ujar Ester.
TIKI pertama kali didirikan pada 01 September 1970 oleh Alm. Bpk Soeprapto Soeparno dan Ibu Nuraini Soeprapto yang kemudian semakin diperkuat dengan bergabungnya Alm. Bp Irawan Saputra, Bpk Gideon Wiraseputra dan Bpk Raphael Rusmadi di tahun 1972. Diawali dengan dua cabang utama di Pangkalpinang dan Semarang, saat ini TIKI memiliki jaringan operasional yang meliputi 66 kota besar di Indonesia, didukung oleh lebih dari 500 kantor perwakilan, lebih dari 3700 gerai dan lebih dari 6.000 karyawan di seluruh Indonesia. TIKI membangun kemitraan dengan para wirausaha lokal, bertumbuh bersama dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui kemitraan waralaba dengan lebih dari 3.000 mitra keagenan/waralaba di seluruh Indonesia.