Jakarta, TopBusiness–-Konsultan digital, Jonathan End, menyarankan agar UMKM di Indonesia terus memelajari penggunaan media sosial (medsos) secara tepat. Sehingga, penggunaan medsos tersebut dapat mendatangkan pembeli bagi pelaku UMKM.
“Dengan penggunaan medsos secara tepat, UMKM bisa mendapatkan pembeli. Itu bisa datang dari luar negeri atau pun dalam negeri,” kata Jonathan dalam pelatihan yang digelar Pertamina untuk sejumlah UMKM.
“Jadi, UMKM bisa melakukan pemasaran produk, dengan dimulai dari internet,” kata dia dalam keterangan pers yang disebarkan hari ini oleh Pertamina.
Dijelaskannya, di Indonesia ada 272 juta penduduk. 64% di antara itu menggunakan internat dengan rata-rata delapan jam menggunakan internet.
“Di dalam itu, 59% menggunakan medsos dengan rata-rata tiga jam. Maka, sangat penting bagi UMKM untuk menggunakan medsos,” Jonathan menegaskan.
Keterangan Foto: Pebelanja via E-Commerce
Pewarta Foto: Rendy MR/TopBusiness