Hebat, Empat Perusahaan Ini Raih TOP GRC Awards 2020 Bintang 5

Penulis Nurdian Akhmad

Jakarta, TopBusiness –  Meski dunia bisnis tahun ini terdampak pandemi Covid-19, namun ada empat perusahaan nasional yang meraih penghargaan TOP GRC Awards 2020 level bintang 5.

Keempat perusahaan itu adalah PT Indonesia Power, PT Jasa Raharja (Persero), PT Bukit Asam Tbk, dan PT Bank CIMN Niaga Tbk.

Ketua Dewan Juri TOP GRC Awards 2020 DR Antonius Alijoyo  mengatakan, penentuan pemenang atau penerima penghargaan TOP GRC Awards 2020, dilakukan secara kolektif dalam Sidang Pleno Dewan Juri, dengan bobot penilaian yang lebih ditekankan pada kelengkapan sistem, infrastruktur, aspek implementasi GRC sebanyak 80%. Sedangkan output kinerja bisnis, mendapatkan bobot penilaian 20%.

Dalam kegiatan TOP GRC Awards ini, klasifikasi kategori penghargaan didasarkan pada pencapaian level Bintang (stars), dari Bintang 1  (atau yang terendah) hingga Bintang 5 (atau yang tertinggi). Semakin tinggi level bintangnya, semakin baik sistem, infrastruktur, dan implementasi GRC di perusahaan, sehingga dapat mendukung peningkatan kinerja bisnis perusahaan yang berkelanjutan.

“Jika dalam TOP GRC Awards 2019 tahun lalu, belum ada perusahaan yang mencapai level Bintang 5, maka Alhamdulillah, Puji Tuhan, dalam TOP GRC Awards 2020 tahun ini, ada empat perusahaan yang mendapat penghargaan level Bintang 5,” kata Anton dalam sambutan TOP GRC Awards 2020 yang berlangsung secara virtual, Kamis (15/10/2020).

Dalam kegiatan ini, Dewan Juri juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan khusus tertentu. Antara lain, kepada Presiden Direktur dengan kategori The Most Committed GRC Leader 2020, Dewan Komisaris kategori The High Performing Board of Commissioner on GRC 2020, dan kategori The High Performing Corporate Secretary on GRC 2020 untuk Corporate Secretary, yang dinilai telah berperan dan berkontribusi besar dalam peningkatan implementasi GRC di perusahaannya, dan lain-lain.

Tujuan dari penyelenggaraan TOP GRC Awards 2020  ini adalah untuk mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia, untuk terus meningkatkan implementasi GRC-nya, agar kinerja perusahaan dapat tumbuh secara berkelanjutan. “Kegiatan TOP GRC Awards 2020 merupakan satu rangkaian dengan kegiatan GRC Summit 2020 yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu,” papar Lutfi.

Penilaian kegiatan TOP GRC Awards ini melibatkan 840 perusahaan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 100 perusahaan yang menjadi finalis, dan 84 perusahaan yang memberi konfirmasi untuk mengikuti tahap penilaian akhir (wawancara penjurian). Sebanyak 65 perusahaan, berhasil mengikuti proses penilaian secara lengkap. Adapun, proses Wawancara Penjurian, dilakukan secara online.

Meski digelar secara virtual, acara puncak penghargaan TOP GRC Awards 2020 yang digelar pada Kamis siang hingga sore (15/10/2020) berlangsung meriah.  Ratusan peserta menghadiri ajang penghargaan bergengsi yang dihelat melalui aplikasi Zoom, Youtube, dan Facebook. Acara ini juga disiarkan secara tunda di televisi nasional.

Mereka antara lain beberapa Tokoh Bisnis dan Pemerintahan, petinggi sejumlah perusahaan terkemuka yang menjadi pemenang penghargaan tersebut; anggota Dewan Juri TOP GRC Awards 2020; kalangan praktisi GRC; publik peminat praktik GRC (governance, risk management, and compliance); media massa; dan lain-lain.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Majalah TopBusiness, danbekerjasama serta didukung oleh sejumlah institusi. Seperti Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), Irmapa (Indonesia Risk Management Professional Association), ICopi (Institute of Compliance Professional Indonesia), Lembaga Kajian Nawacita (LKN), FEB Universitas Padjadjaran, Sinergi Daya Prima (SDP), Solusi Kinerja Bisnis (SKB), Dwika Consulting, Melani K. Harriman & Associates, dan lain-lain.

BACA JUGA

Tinggalkan komentar