Penjualan E-Commerce Tahun Ini Melesat 400 Persen

Penulis Nurdian Akhmad

Jakarta, TopBusiness – Berdasarkan catatan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bahwa penjualan produk di platform e-commerce pada 2020 mencapai Rp 446,75 triliun. Angka ini meningkat 400 persen dibanding tahun lalu yang baru mencapai Rp 123,9 triliun.

Lonjakan ini terjadi karena pengguna internet di Indonesia saat ini sebanyak 168,3 juta jiwa yang merupakan 63 persen dari total penduduk Indonesia.

“Ini menjadi indikator ke depan teknologi informasi akan lebih dominan dalam kegiatan sosial ekonomi masyarakat khususnya dalam transaksi perdagangan guna memenuhi kebutuhan hidup mereka,” tutur Agus saat Opening Ceremony Indonesia Digital Trade Show 2020 di Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Kemendag akan terus memfasilitasi pelaku usaha UMKM untuk dapat memanfaatkan tren teknologi informasi yang sejalan dengan pola dan cara konsumsi masyarakat.

Menurut Agus, pemanfaatan platform digital akan dapat meningkatkan kinerja perdagangan di Indonesia. Perdagangan sebagai kunci penggerak ekonomi harus tetap jalan dengan mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Saya juga turut bangga kepada pelaku UMKM, waralaba maupun lisensi yang selalu bersemangat, kreatif serta gigih memanfaatkan setiap peluang dan kesempatan usaha yang ada,” kata Agus

“Melalui inovasi pameran ini saya yakin ekonomi Indonesia akan mampu kembali bangkit,” tuturnya.

BACA JUGA

Tinggalkan komentar