Presiden Jokowi Resmi Disuntik Vaksin Covid-19

Penulis Busthomi

Jakarta, TopBusiness – Presiden Joko Widodo akhirnya secara resmi dan menjadi orang pertama di Indonesia yang disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac, di Istana Negara, Jakarta, hari ini, Rabu (13/1/2021). Momen bersejarah ini diunggah Presiden di laman media sosialnya, baik di akun twitter pribadinya, @jokowi maupun di akun Instagram-nya @jokowi. Dari postingan itu diketahui, RI 1 tersebut disuntik vaksin pada pukul 9.42 WIB.

“Saya ditanya: pernah terkonfirmasi positif Covid-19, pernah batuk dan pilek, mengidap penyakit jantung, atau penyakit lain seperti ginjal? Dll. Semua saya jawab tidak,” tulis Jokowi di akun Twitter-nya itu, seperti dikutip TopBusiness, hari ini.

“Pukul 9.42 WIB ini, saya memulai ikhtiar besar untuk terbebas dari pandemi dengan menerima vaksin Covid-19,” lanjut Jokowi yang saat disuntik duduk di kursi dengan mengenakan kemeja putih dan celana hitam dengan latar warna merah bertuliskan ‘VAKSIN AMAN dan HALAL’.

“Vaksin Covid-19 inilah yang lama kita tunggu, dan baru disuntikkan setelah BPOM mengeluarkan izin penggunaan darurat, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan suci dan halal untuk digunakan,” kata Jokowi lagi.

“Saya berharap vaksinasi Covid-19 yang tahapannya dimulai hari ini berjalan dengan lancar,” tulis dia mengakhiri cuitannya tersebut.

Senada, di akun Istagram-nya, Presiden juga menulis, “Tekanan darah saya diukur, 130/67 mmHg. Normal. Lalu saya ditanya: penah terkonfirmasi positif Covid-19, pernah batuk dan pilek beberapa hari terakhir, pernah mengidap penyakit jantung, atau penyakit lain seperti ginjal? Dan lain-lain. Semuanya saya jawab tidak,” demikian postingan di akun Instagram-nya itu.

“Lalu, lengan baju kiri saya disingkapkan. Dan vaksin pun disuntikkan.”

“Saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Pada pukul 9.42 wib pagi ini, saya memulai ikhtiar besar sebagai warga negara Indonesia untuk terbebas dari pandemi ini dengan menerima vaksin Covid-19,” lanjutnya dan beberapa tulisan lain yang sama dengan akun twitter-nya itu.

Tahapan Vaksinasi

Proses vaksinasi perdana ini berlangsung di Istana Negara, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat serta disiarkan langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden.

Selain Jokowi, ada perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, hingga influencer dalam vaksinasi perdana ini. Berikut ini daftar nama penerima vaksin COVID-19 di Istana Merdeka:

Sesi 1

1. Presiden Jokowi; 2. dr Daeng M Faqih (Ketua IDI); 3. Dr H Amiesyah Tambunan (Sekjen MUI/Muhammadiyah); 4. Kiai Ishom PP NU; 5. Panglima TNI; 6. Kapolri; 7. Raffi Ahmad (Perwakilan Anak Muda).

Sesi 2

1. Budi G Sadikin (Menkes); 2. Prof Dr Unifah Risyidi (PGRI); 3. Ronal Tapilatu (PGI); 4. Agustinus Heri (KWI); 5. I Nyoman Suarthanu (PHDI); 6. Partono Bhikkhu NM (Permabudhi); 7. Peter Lesmana (Matakin)

Sesi 3

1. Penny Kusumastuti (Kepala BPOM); 2. Rosan Perkasa (Perwakilan Pengusaha); 3. Ade Zubaedah (Sekjen Ikatan Bidan Indonesia); 4. Nur Fauzah (Perawat); 5. Lusy Noviani (Apoteker); 6. Agustini Setiyorini (Buruh); 7. Ibu Narti (Pedagagang)

Tahap awal vaksinasi Covid-19 di Indonesia sendiri dimulai pada Rabu, (13/1/2021) ini, dengan target penerima vaksin sebanyak 40,2 juta orang.

Tujuan utama vaksinasi di masa pandemi yakni untuk menciptakan kekebalan komunitas atau herd immunity.

Pihak Kementerian Kesehatan telah menetapkan 4 tahapan prioritas penerima vaksin. Untuk tahap 1 dan tahap 2 dilaksanakan pada Januari hingga April 2021, sedangkan tahap 3 dan tahap 4 dilaksanakan pada April 2021 hingga Maret 2022.

Alasan dilakukannya vaksinasi dalam 4 tahapan karena mempertimbangkan ketersediaan, waktu kedatangan, dan profil keamanan vaksin.

FOTO: Istimewa

BACA JUGA

Tinggalkan komentar