Jakarta, TopBusiness—Survei Konsumen Bank Indonesia pada Februari 2022 mengindikasikan keyakinan konsumen tetap kuat dan berada pada area optimis. “Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang ada,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono, hari ini di Jakarta.
Dijelaskannya bahwa IKK Februari 2022 sebesar 113,1 atau berarti masih melebihi 100. Walau demikian, ini lebih rendah dibandingkan 119,6 pada Januari 2022.
Keyakinan konsumen pada Februari 2022 yang tidak setinggi bulan sebelumnya disebabkan oleh ekspektasi terhadap kondisi ekonomi mendatang yang lebih terbatas, baik ekspektasi terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja maupun kegiatan usaha. “Namun masih berada pada area optimis,” papar Erwin.
Pada saat yang sama, ia menambahkan, konsumen memersepsikan kondisi ekonomi saat ini belum sesuai yang diharapkan.
Hal itu ditengarai sejalan dengan meningkatnya kasus Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang lebih ketat di berbagai wilayah di Indonesia.