Jakarta, TopBusiness – PT Sari Kreasi Boga Tbk (IDX: RAFI), perusahaan yang bergerak di bidang penjualan bahan baku serta waralaba makanan dan minuman yang terkenal dengan produk kebab Baba Rafi resmi menjadi perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Perseroan menjadi emiten ke-34 di sepanjang tahun ini yang melakukan pencatatan saham (listing) di BEI dan berarti menjadi perusahaan terbuka ke-800 dari seluruh total perusahaan tercatat di Bursa.
Dalam perdagangan perdananya, yang tercatat di BEI Jumat (5/8/2022) ini, saham RAFI terlihat langsung meroket sebesar 34,92% ke harga Rp 170 per saham dari harga perdananya seesar Rp126 per lembar saham.
RAFI sendiri menjadi perusahaan terbuka melalui skema penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO). Melalui aksi korporasi ini, perseroan melepas sebanyak-banyaknya 948.090.000 lembar saham yang dilepas ke publik atau setara dengan 30,31% dari modal yang telah ditempatkan dan disetor penuh setelah Penawaran Umum, dengan harga Rp 126 per lembar saham. Sehingga perseroan diperkirakan mengantongi dana sebesar Rp119.459.340.000 atau Rp119,46 miliar.
Dalam proses IPO tersebut, perusahaan menunjuk PT Investindo Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek dan KB Valbury Sekuritas sebagai Joint Lead Underwriter.
Pemegang saham mayoritas dari Perseroan saat ini adalah PT Globalasia Capital Investama dengan kepemilikan lebih dari 50%. Adapun rencana penggunaan dana Perseroan dari IPO ini nantinya adalah untuk mengakuisisi PT Laziza Rahmat Sentosa dan juga akan dimanfaatkan untuk pembelian bahan baku waralaba, bahan baku segar, sewa gudang, biaya gaji karyawan dan pemeliharaan.
Eko Pujianto, Direktur Utama Perseroan menjelaskan, hal ini merupakan salah satu langkah awal yang bagus untuk kebangkitan UMKM di Indonesia.
“Bagi kami ini adalah bentuk kepercayaan dan apresiasi atas perjuangan SKB Food yang bertransformasi dari UMKM dengan gerobak di lantai trotoar menjadi korporasi yang melantai di Bursa Efek Indonesia,” tegas Eko seusai penccatatan perdana sahamnya di Jakarta, Jumat (5/8/2022).
Sepanjang tahun 2021, Perseroan mencatatkan kinerja positif jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dilihat dari laba bersih yang meningkat sebesar 100%. “Dengan langkah awal ini, kami berharap dapat menjadi pelopor bangkitnya UMKM di Indonesia,” jelas Eko Pujianto.
PT Sari Kreasi Boga Tbk (SKB Food) adalah suatu perseroan terbatas yang saat ini bergerak di bidang penjualan bahan baku dan waralaba makanan dan minuman. Beberapa merk terkenal dari produknya adanya kebab Baba Rafi.
FOTO: Istimewa