Jakarta, TopBusiness – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) optimistis target penjualan mobil baru secara nasional sebanyak 900 ribu unit sepanjang 2022 bisa tercapai, meskipun perekonomian dibayang-bayangi kenaikan inflasi.
Berdasarkan data Gaikindo, penjualan mobil periode Januari sampai Agustus 2022 sebesar 658.232 unit, naik 21,1 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebanyak 543.424 unit.
“Dengan kondisi sekarang kami harapkan bisa terpenuhi proyeksi yang sudah ditentukan di awal. Kami masih ada waktu tiga bulan lagi,” ujar Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara seperti dikutip Selasa (11/10/2022).
Menurut Kukuh, saat ini memang terjadi lonjakan inflasi di Indonesia, yakni sebesar 5,95 persen. Namun, hal tersebut dinilai masih tergolong rendah dibanding negara lain, seperti Amerika Serikat sebesar 8,3 persen, Inggris 9,9 persen, maupun Rusia 14,3 persen.
Selain itu, dia mengatakan bahwa harga komoditi juga masih tergolong terkendali sehingga pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih di atas 5 persen pada kuartal II 2022. “Nah itu membantu penjualan mobil nasional cukup baik,” ucap Kukuh.
Gaikindo, menurut dia, juga terus menggelar pameran otomotif Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) di berbagai kota seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan. Dalam pameran tersebut, para agen pemegang merek yang merupakan anggota Gaikindo menghadirkan beragam promo menarik sehingga mampu mendongkrak penjualan kendaraan baru di tanah air.
Selain itu, pembangunan infrastruktur jalan yang terus digenjot pemerintah serta makin berkembangnya bisnis di sektor logistik juga menjadi faktor lain yang membuat penjualan kendaraan baru tetap tinggi.
“Adanya e-commerce ini meningkatkan mobilitas barang akhirnya banyak orang pesan, sehingga ini mendorong penjualan kendaraan bermotor terutama roda empat untuk keperluan logistik,” ujar dia.