Jakarta, TopBusiness—Perkembangan teknologi informasi (TI) telah membawa pengaruh pada kemajuan sistem operasional suatu perusahaan. Sebagai perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia, Biznet telah dipercaya oleh Kawan Lama Group untuk menghadirkan transformasi infrastruktur digital yang akan membantu mengoptimalkan aktivitas operasional unit bisnis yang dimiliki Kawan Lama Group di Indonesia.
”Melalui kerja sama ini, Biznet turut menyediakan solusi serta berperan penting dalam membantu meningkatkan kapasitas data, jangkauan konektivitas dan adaptabilitas jaringan yang didukung oleh jaringan Biznet Fiber melalui layanan Biznet Internet BGP Multihoming, Biznet Data Center hingga Internet connectivity,” kata Presiden Direktur Biznet, Adi Kusma, dalam keterangan tertulis yang diterima Majalah TopBusiness (4/72023).
Melihat kebutuhan untuk transformasi digital Kawan Lama Group, Biznet menyambut baik kepercayaan yang diberikan untuk menjadi bagian dalam upaya meningkatkan performa bisnis hingga produktivitas perusahaan melalui implementasi teknologi terkini.
“Teknologi dan infrastruktur jaringan yang saat ini kami miliki yaitu 85.000 km kabel fiber optik yang telah tersebar di lebih dari 180 kota, akan membantu menjangkau area bisnis Kawan Lama Group,” papar Adi.
Demikian pula dengan fleksibilitas teknologi dari Biznet Data Center yang telah memiliki sertifikasi Tier III Facility dengan sertifikasi keamanan dan keandalan yang tinggi pada layanan kolokasinya dapat mendukung transformasi digital dengan baik.
Kawan Lama Group merupakan identitas dari kelompok unit bisnis multisektor yang masing-masing bergerak dalam enam pilar bisnis, yaitu commercial and industrial, consumer retail, food and beverage, property and hospitality, commercial technology, hingga manufacturing and engineering. Hingga kini, Kawan Lama Group menaungi lebih dari 30 merek usaha, 11 pusat distribusi, dan lebih dari 1.000 toko yang jumlahnya terus bertambah. Oleh karena itu, dalam proses pengelolaan operasional, serta untuk meningkatkan performa bisnisnya, tentu membutuhkan sistem operasional yang dapat terotomatisasi dan terintegrasi secara end-to-end.
Kawan Lama Group melakukan berbagai inisiatif strategis terkait transformasi digital, salah satunya adalah solusi omni-channel yang memberikan pengalaman berbelanja terintegrasi secara online maupun offline. Dengan peningkatan layanan ini, dukungan sistem operasional yang optimal dan terukur menjadi penting sehingga pelanggan mendapatkan kemudahan melalui layanan yang dihadirkan.
“Dalam proses transformasi digital Kawan Lama Group, kami memerlukan sebuah infrastruktur digital yang mumpuni, yang mampu menjamin integrasi mulai dari kantor pusat, pusat distribusi, hingga toko yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Karena itu kami memercayakannya kepada Biznet, sebagai layanan digital terpercaya yang sudah menjangkau area bisnis kami, dan dapat menjamin otomatisasi dan integrasi jaringan secara end-to-end,” ungkap Renaldi Tjahaya, Chief Digital and Data Officer Kawan Lama Group.
Kerja sama strategis ini juga didukung oleh Biznet Data Center dan Biznet Gio Cloud dengan layanan kolokasi, perancangan hingga pengelolaan infrastruktur IT berbasis sistem agile dan berskalabilitas tinggi.