TopBusiness
  • Home
  • Economic
  • Business Info
  • Capital Market
  • Finance
  • BUMN
  • BUMD
  • DAERAH
  • Marketing
  • Event
  • CSR
No Result
View All Result
  • Home
  • Economic
  • Business Info
  • Capital Market
  • Finance
  • BUMN
  • BUMD
  • DAERAH
  • Marketing
  • Event
  • CSR
No Result
View All Result
TopBusiness
No Result
View All Result

Berikut, Adopsi ISO 26000 SR di CSR Pupuk Kujang

Achmad Adhito
28 February 2024 | 10:18
rubrik: CSR
Berikut, Adopsi ISO 26000 SR di CSR Pupuk Kujang

Pupuk Kujang dan Dewan Juri Top CSR Awards 2024---Screen Shot Zoom

Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta, TopBusiness—Untuk program CSR-nya, PT Pupuk Kujang telah mengadopsikan ISO 26000 SR. Dan, ada beberapa contoh untuk hal tersebut.

Hal itu dikatakan oleh Vice President TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) Pupuk Kujang, Agung Gustiawan, dalam presentasi untuk Dewan Juri Top CSR Awards 2024, yang digelar Majalah TopBusiness berkolaborasi dengan sejumlah lembaga (27/2/2024).

Agung mengatakan bahwa dari sudut struktur organisasi TJSL, job desk TJSL, dan prosedur, CSR di Pupuk Kujang sudah mengacu ke klausa 1 pada ISO 26000 SR.

Contoh berikutnya terlihat dalam aspek stake holder engagement CSR. Di sini, ada keparalelan dengan klausa 3 di ISO 2600 SR. “Kami pun punya dokumen stake holder engagement,” Agung menjelaskan.

Agung kemudian memberikan contoh berikutnya. Dalam hal ini, CSR Pupuk Kujang punya program lingkungan yang paralel dengan klausa 6 di ISO 26000 SR (social responsibility core subject). Program lingkungan tersebut adalah biogas limbah tahu-tempe untuk masyarakat.

Lalu ada program Kujang Integrated Urban Farming. Ini merupakan bantuan CSR pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan dengan kegiatan pertanian perkotaan di lahan sempit dan pekarangan rumah. Dalam hal itu ada penanaman palawija, tambulampot buah nanas, buah lain, dan sayuran, untuk konsumsi rumahtangga sehari-hari. “Itu pun merupakan salah satu program CSR yang dapat menunjang strategi perusahaan meraih pertumbuhan penjualan NPK.”

Adapun keberhasilan/inovasi CSR yang layak menjadi acuan bagi perusahaan lain, adalah inovasi sosial Kampung Nanasku. Ini dapat menginspirasi perusahaan lain untuk bisa mendesain program unggulan dengan pendekatan value chain suatu perusahaan.

Inovasi Sosial Kampung NanasKu secara komprehensif memenuhi unsur kebaruan, unsur core competency perusahaan, transfer pengetahuan, daur hidup, keunikan, serta ada unsur sensitifitas terhadap krisis dan kebencanaan.

BACA JUGA:   Demi Keberlanjutan Bisnis, PLN Nusantara Power UP Bandar Lampung Andalkan Program CSR Ini

Program unggulan tersebut bisa direplikasi oleh kelompok pertanian di beberapa daerah sehingga berdampak kepada penambahan nilai/CSV yang meluas. Maka produk Pupuk Kujang dapat memenetrasi pasar semakin luas dengan efisiensi biaya promosi.

“Hal tersebut pada akhirnya bisa berkontribusi terhadap kenaikan anggaran CSR,” kata Agung.

Tags: csr pupuk kujangTOP CSR Awards 2024
Previous Post

Rumah BUMN Rembang Sokong UMKM Ini Sukses Promosikan Kain Nusantara

Next Post

KSO HK-WIKA-BAP Bangun JTTS Bayung Lencir-Tempino Seksi 3

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Email

TopBusiness - Inspire Great Business Performance | All Rights Reserved

  • Home
  • Economic
  • Business Info
  • Capital Market
  • Finance
  • BUMN
  • BUMD
  • DAERAH
  • Marketing
  • Event
  • CSR