Jakarta, TopBusiness – Sebagai perusahaan yang memiliki aktivitas usaha pembiayaan berbasis teknologi, dengan memberikan pengalaman pembiayaan yang mulus, andal, dan aman, Home Credit Indonesia menghadirkan program CSR berkelanjutan.
Dalam melaksanakan program CSR berkelanjutan yang ada, perusahaan selain dicatat mengacu kepada 6 pilar ESG, juga menyesuaikannya dengan bisnis yang kembangkan perusahaan untuk masyarakat.
Adapun ke-6 pilar ESG tersebut adalah pinjaman yang bertanggung jawab, pertumbuhan ekonomi, pemberdayaan digital, inklusi keuangan, komunitas yang berkelanjutan, dan keberagaman tenaga kerja.
Hal ini disampaikan Sustainability and Social Impact Manager Home Credit Indonesia Esra Tambunan dalam penjurian TOP CSR Awards 2024, (27/3/2024).
Menurut Esra Tambunan, dari banyak program CSR yang telah dilaksanakan Home Credit Indonesia, ada 2 program CSR unggulan yang telah digulirkan perusahaan. Kedua CSR unggulan tersebut adalah literasi keuangan #DoITCERDAS dan Ramadan Volunteering Series “Jadi Bisa Berbagi Berkah”.
Literasi Keuangan #DoITCERDAS
Literasi Keuangan #DoITCERDAS adalah program CSR dalam bidang pendidikan. Program edukasi #DoITCERDAS ini, dilaksanakan guna mendukung target pemerintah dan OJK untuk meningkatkan literasi keuangan di Indonesia hingga mencapai 65% masyarakat pada tahun 2027. Edukasi literasi keuangan #DoITCERDAS dilakukan melalui kelas workshop hybrid dan konten media sosial, dengan tujuan memberikan pemahaman yang komprehensif tentang manajemen keuangan kepada masyarakat, termasuk perempuan dan komunitas disabilitas.
Melalui kelas workshop hybrid, perusahaan menyelenggarakan sesi interaktif yang menggabungkan pembelajaran daring dan tatap muka, memungkinkan partisipasi dari berbagai lapisan masyarakat. Konten media sosial yang disebarkan juga mencakup informasi dan tips praktis tentang literasi keuangan, memberikan akses ke edukasi yang mudah diakses dan dapat diikuti oleh semua.
Ramadan Volunteering Series “Jadi Bisa Berbagi Berkah”
Ramadan Volunteering Series “Jadi Bisa Berbagi Berkah” adalah program CSR dalam bidang charity. Kegiatan CSR ini melibatkan karyawan sebagai relawan yang membantu komunitas disabilitas dalam pembuatan kerajinan tangan dan merayakan kebersamaan lewat pentas seni.
Tujuannya adalah memberikan dukungan finansial tambahan kepada komunitas disabilitas selama bulan Ramadan melalui hasil kerajinan tangan yang dijual. Melalui partisipasi karyawan sebagai relawan, perusahaan tidak hanya memberikan bantuan langsung dalam pembuatan kerajinan tangan, tetapi juga mempromosikan inklusi sosial dan memberdayakan komunitas disabilitas untuk mandiri secara ekonomi.
Hasil penjualan kerajinan tangan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemasukan komunitas disabilitas, sehingga memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi kesejahteraan mereka.
Menurut Esra Tambunan kembali, Home Credit Indonesia dicatat telah berhasil memberikan literasi keuangan kepada masyarakat selama tahun 2023, yaitu sebagai berikut.
Pertama, melalui Media Sosial, dicatat mampu menjangkau 6 juta pengguna dengan konten informatif tentang literasi keuangan. Kedua, melalui Kelas Offline, dicatat berhasil mengadakan kelas offline di Ambon dan Palangkaraya dengan 256 peserta, serta memberikan pelatihan langsung tentang pengelolaan keuangan.
“Khusus untuk program CSR bidang charity, bulan Ramadan lalu menjadi momen kolaboratif yang menggugah di Jakarta dan Bandung, di mana 56 karyawan kami berperan sebagai relawan bagi Yayasan Pulas Katumbiri dan Yayasan Cheshire, untuk membantu teman-teman disabilitas dalam membuat kerajinan tangan demi meningkatkan penghasilan”, pungkas Esra Tambunan.
Editor: Busthomi