Jakarta, TopBusiness – PT Rumah Mebel Nusantara atau IKEA Indonesia mempunyai program keberlanjutan bisnis, sekaligus menciptakan corporate social responsibility (CSR) yakni people and planet positive strategy.
“Sebagai bagian dari presentasi ini, kami akan berbicara lebih lanjut mengenai strategi keberlanjutan dari IKEA yang disebut People and Planet Positive Strategy,” kata Tasha Sianturi sebagai Sustainability Specialist, yang didampingi Rimaditya Prameswari (SMEs Coordinator), saat membeberkan presentasi materi bertema “People and Planet Positive”.
Di hadapan Dewan Juri TOP CSR Awards 2024, dirinya memberikan penjelasan ringkas soal people and planet positive strategy yang memiliki beberapa pilar. “Sebagai informasi di awal dan, sebagai bayangan saja mengenai people and planet positive strategy, kami memiliki tiga pilar di strategi ini. Yaitu yang pertama, terkait dengan melakukan kehidupan yang lebih sehat dan berkelanjutan, kemudian iklim positif dan sirkuler, dan juga adil dan setara,” kata Tasha, dalam jaringan aplikasi rapat zoom, yang berlangsung di Jakarta, hari ini.
Ditegaskan, sejatinya people and planet positive strategy ini adalah strategi IKEA secara global, sehingga dimana pun IKEA berada pihaknya juga memiliki tujuan yang sama untuk mengedepankan agenda-agenda keberlanjutan di tiga pilar ini.
Selanjutnya, strategi people and planet positive adalah untuk mewujudkan keberlangsungan bisnis yang pada gilirannya masuk dalam visi dan misi IKEA Indonesia. “Visi dan misi IKEA sebagai sebuah bisnis dan bagaimana juga, itu berkaitan dengan bagaimana kami melaksanakan program-program keberlanjutan kami,” ucap Tasha.
Dikatakan dia, visi perusahaan sebagai sebuah bisnis ritel perabotan rumah tangga, adalah untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang. “Di mana pun kami berada, kami berusaha untuk menciptakan dampak positif, yang dapat memberikan dampak baik terhadap banyak masyarakat,” tutur Tasha.
Kemudian, untuk misi dan strategi bisnis adalah untuk menawarkan serangkaian produk perlengkapan rumah tangga yang fungsional dan berdesain apik dengan harga yang sangat terjangkau. Sehingga, sebanyak mungkin orang akan mampu membelinya.
Keberadaan perusahaan diharapkan bisa meningkatkan daya dorong ekonomi masyarakat, terkhusus bagi UMKM. Kami adalah perusahaan ritel perabotan rumah tangga. Cukup banyak produk berada di dalam IKEA. Yang dapat memberikan solusi bagi customer dan bagi masyarakat agar mereka bisa memiliki rumah tangga yang efektif, efisien, dan juga berfungsi dengan baik,” papar dia.
Tak lupa dirinya juga menyatakan rasa terima kasih karena bisa masuk dalam nominasi TOP CSR Awards 2024. “Untuk TOP CSR Awards sebelumnya, seperti apa yang sampaikan di awal. Sebetulnya, bagi IKEA Indonesia sendiri ini merupakan pertama kalinya, bagi kami sebagai organisasi untuk berpartisipasi di TOP CSR Awards,” kata dia.
Kendati begitu, sebagai perusahaan dalam satu kelompok HERO pernah mengikuti ajang yang sama. “Sebelum-sebelumnya, kami mengikuti sebagai bagian dari HERO Group sehingga, melihat ada mungkin program familiar dari bagian HERO Group sebelumnya. Itu adalah karena kami di tahun 2022 dan 2023 turut berpartisipasi sebagai bagian dari HERO Group,” ungkap dia.