Jakarta, TopBusiness – Bagi PT Tangkas Cipta Optimal (TACO) sukses dalam melakukan strategi bisnis tergantung kepada keunggulan human capital (HC). Pasalnya, sumber daya manusia adalah aset yang harus dijaga dan ditingkatkan kompetensinya.
Apalagi, TACO sebagai trading dan manufacture pada penyedia produk wholesale building material, maka memiliki tenaga HC unggul dibidangnya dan menguasai seluruh item-item produk yang ditawarkan kepada seluruh konsumen menjadi sebuah keniscayaan.
Ditegaskan Direktur Human Capital/HRD/SDM, Irwan Dewanto, pihaknya fokus dalam membangun HC dengan baik dan terprogram. “Mulai dari karyawan paling bawah, manajemen dan para direksi,” kata dia, di hadapan Dewan Juri TOP Human Capital Awards 2024, yang berlangsung di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Melalui aplikasi rapat zoom, Irwan menilai HC perusahaan merupakan aset yang mesti dijaga dan dikembangkan talentanya sebagai antisipasi perubahan jaman dan kebutuhan pasar.
“HC merupakan sebuah aset yang harus dipoles sesuai dengan kebutuhan jaman, kebutuhan pasar. Dengan HC terbaik, maka perusahaan akan unggul dalam proses bisnisnya. Dengan HC yang terus di-maintenance akan menciptakan HC yang unggul dan berkompeten tinggi”, kata dia.
Selain, lanjutnya, perusahaan juga membangun humanis karyawan dengan kegiatan sosial, salah satunya olahraga. “Selanjutnya, berkaitan dengan program CSR, perusahaan mewajibkan seluruh karyawan terlibat langsung di masyarakat”, tegas Irwan.
Menurut Irwan, agar konsumen mendapat layanan yang tepat dan kebutuhan bahan bangunan baik konsumen properti, gedung perkantoran, dan pengembang, maka harus mendapat layanan nan terbaik. Oleh sebab itu, manajemen TACO menjadikan seluruh insan harus memiliki kemampuan yang terbaik untuk memberikan layanan paripurna kepada seluruh konsumen.
Dalam rangka pengembangan kualitas dan kemampuan HC dari level paling bawah, menengah hingga atas, perusahaan mengeluarkan anggaran untuk training pada tahun 2022 sebesar Rp 674,251,697 dan 2023 meningkat menjadi Rp 1,164,755,444.
Atas upaya kinerja HC apik, maka perusahaan meraih Engagement Level: Highly Engaged di tahun 2023 di level 81 persen, sementara di tahun 2024 meningkat menjadi 84 persen. Ini salah satu bukti keberhasilan polesan HC berlajan dengan baik.
Dalam mewujudkan talent acquistion strategy yang dilakukan TACO, seperti, workforce planning, employer branding, sourcing channel, candidat experience, data driven recruitmen, dan management trainee.
Tak terkecuali, TACO memberikan program leadership development dan executive management level. Ini dilaksanakan agar mendapat HC dalam membangun perusahaan lebih baik dan berkesinambungan sehingga performa perusahaan terus meningkat.