Jakarta, TopBusiness – Perumda BPR Rokan Hulu (Bank Rohul) tahun ini kembali berhasil menjadi finalis atau kandidat peraih penghargaan TOP BUMD Awards. Di ajang tingkat nasional yang diselenggarakan majalah TopBusiness ini, Bank Rohul telah meraih penghargaan TOP BUMD Awards Bintang 4 di tahun 2024.
Bertindak selaku Dewan Juri TOP BUMD Awards 2025, secara online, Rabu, 22/01/2025, yaitu Dwinda Ruslan (Yayasan Pakem), Febrizal Effendi (Aspiluki), Subandi (Praktisi TI), dan Ina Sawitri (Praktisi GCG).
Selaras dengan tema TOP BUMD Awards 2025, yaitu “Tata Kelola dan Digitalisasi Dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD”, Anggi Firmansyah, Direktur Utama dan Imra Gustin, Direktur Operasional, dalam sesi Presentasi dan Pendalaman, memaparkan capaian positif Bank Rohul terkait kinerja bisnis, layanan, tata kelola, dan digitalisasi.
Aspek kinerja keuangan, laba tahun 2023 sebesar Rp 970.485.356 dan tahun 2024 sebesar Rp 1.155.753.350. Sehingga pada tahun 2024, laba naik sebesar Rp 185.267.994 atau sebesar 119,09 persen dari tahun 2023.
Inovasi yang telah dilakukan dalam meningkatkan kinerja sepanjang tahun 2024, antara lain:
Bekerja sama dengan instansi-instansi, baik itu pemerintah maupun swasta, dalam sektor layanan jasa perbankan, yaitu:
MoU dengan Sekolah sebanyak kurang lebih 21 sekolah; Mou dengan Dinas DPMPD yaitu tentang penyaluran dan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa melalui bank Rokan Hulu; MoU dengan beberapa BUMDES tentang penempatan dana di Bank Rokan Hulu, baik itu dalam bentuk Tabungan maupun Deposito; MoU dengan vendor aplikasi Siskuedes (Non Tunai) dengan IT Lewangsewu; dan Mou dengan BPKAD tentang penempatan Deposito pemerintah daerah di Bank BPR Rokan Hulu.
“Keberhasilan menjalin MoU dengan instansi pemda terkait penempatan dana, memperlihatkan kepercayaan terhadap Bank Rohul. Sehingga ini menjadi prestasi yang kami banggakan,” kata Anggi kepada dewan juri.
Inovasi berikutnya, penambahan 1 unit kantor kas di salah satu kecamatan di Rokan Hulu yaitu Kec. Kabun.
Inovasi terkait tata kelola, dalam 3 tahun terakhir, Bank Rohul telah menerapkan pembayaran tukin berbasis KPI dengan bekerjasama dengan konsultan.
Inovasi Bidang Pemasaran, Layanan Pelanggan, Digitalisasi
Imra Gustin selaku Direktur Operasional memaparkan inovasi pemasaran dan layanan pelanggan dengan menjalankan aplikasi Mobile Collecting bagi petugas funding, pemasaran melalui media sosial dan website BPR.
Inovasi dengan digitalisasi berupa aplikasi BROMobile, plikasi BROKITA (layanan uang elektronik) dan SMS notifikasi transaksi tabungan.
“Pemanfaatan TI dilakukan dengan melakukan promosi produk melalui media sosial seperti Facebook, Instagram dan website bank. Sehingga masyarakat dengan mudah mengetahui produk-produk bank yang bisa digunakan,” Irma menjelaskan.
“Pemanfaatan zoom untuk pertemuan dengan pihak eksternal.”
“Fitur Virtual Account bekerja sama dengan Bank Umum. Sehingga nasabah yang ingin melalui bank lain sudah bisa langsung masuk ke rekening nasabah yang ada di BPR Rohul.”
“Aplikasi Mobile Collecting, sehingga marketing mudah melakukan transaksi terhadap nasabah yang tidak bisa ke kantor bank. Dan dengan mudah mengelola setoran pedagang pasar.”
“Aplikasi BROKITA, memudahkan nasabah melakukan transaksi digital seperti pembayaran dan lainnya.”
“Aplikasi Absensi berbasis HP, sejak tahun 2022, untuk absensi karyawan Bank Rokan Hulu. Punya fitur selain untuk absensi juga untuk menghitung pencapaian KPI dan Tukin. Manfaatnya, memudahkan bagian SDM merekap absensi karyawan.”
Aplikasi untuk Eksternal, yaitu aplikasi Siskuedes, yang akan segera diluncurkan. Untuk mendukung transaksi Non tunai untuk keluar masuk kas desa. Manfaatnya, mengurangi over limit persediaan uang tunai di Bank Rohul.
Dalam sesi Nilai Tambah, dewan juri memberikan apresiasi atas pencapaian Bank Rohul. Mereka juga memberikan sejumlah saran dari aspek kinerja, layanan, tata kelola, pengelolaan SDM dan digitalisasi.