Jakarta, TopBusiness – Kinerja bisnis Perumda BPR BANK PASAR (BAPAS) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah ini tidak bisa diangap enteng. Pasalnya, BPR milik Pemerintah Kabupaten Temanggung ini telah mengukir prestasi yang sangat gemilang.
Ditegaskan Direktur Utama BAPAS Temanggung, Retno Nandra Wianty, S.E, M.M, pihaknya akan menjadi bank terbaik di Daerah Temanggung. “Kami akan memberikan yang terbaik untuk pemerintahan Daerah Temanggung ini. Kami akan meningkatkan perekonomian dan terus memacu para UMKM agar terus bisa naik kelas. Kami akan bangkitkan potensi daerah”, tegas Retno kepada Dewan Juri TOP BUMD Awards 2025 melalui jaringan zoom meeting, di Jakarta Jumat (24/1/2025) akhir pekan lalu.
Dikatakan Retno, pihaknya juga mempunyai keunggulan. Seperti, BAPAS Temanggung mendapatkan penilaian terbaik dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan terbaik dalam core banking dan menuju digital banking.
“OJK memberikan penilaian terbaik terhadap BAPAS Temanggung dan memberikan penilaian terbaik atas kinerja dan pelaksanaan digital banking. Dengan sukses membangun digital banking, maka BAPAS Temanggung menjadi rujukan bagi BPR se-Indonesia untuk jadi acuan terhadap digital banking,” kata Retno.
Beberapa keunggulan yang telah dibangun BAPAS Temanggung dalam digital banking, yaitu, aplikasi digi transaksi (CMS) untuk standing instruction pencairan dana desa. Kemudian, aplikasi Simpati Mobile untuk memungkinkan nasabah tabungan Simpati melakukan transaksi perbankan melalui ponsel/smartphone. Lalu, BPR memiliki sistem jemput dana tabungan bagi nasabah di pasar tradisional dan sekitarnya menggunakan aplikasi smartphone (IBS Branchless) sejak tahun 2015.
Ada juga tersedianya mobil kas keliling agar mampu menjangkau setiap tempat di Temanggung, Selanjutnya, undian tabungan berhadiah bagi nasabah tabungan pasar dan tabungan Simpati,
Dikatakan Retno, pihaknya juga memberikan literasi dan edukasi mengenai produk serta layanan keuangan kepada masyarakat. “Dengan kegiatan sebagai edukasi budaya menabung dan pemanfaatan lembaga keuangan bagi aparatur desa. Edukasi budaya menabung dan pemanfatan lembaga keuangan bagi pelajar dan tenaga pengajar. Edukasi budaya menabunng dan pemanfaatan lembaga keaungan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),” papar dia.
Keunggulan layanan bisnis BAPAS Temanggung teraplikasikan dengan berbagai aplikasi yang sangat memberikan kemudahan bagi seluruh nasabah, seperti:
1. Aplikasi SIP-TAKOL, Sistem informasi penerapan tata Kelola BPR,
2. Aplikasi SIPTKS, sSistem informasi peni;laian tingkatkesehatan BPR,
3. Aplikasi SIPRO, Sistem informasi Profil Resiko.
4. Aplikasi SIMR, Sistem informasi manajemen resiko,
5. Aplikasi si-insaf,Sistem informasi strategi Anti Fraud,
6. Aplikasi IBS-APUPPT, Sistem Integreted banking systemanti pencucian uang, pencegahan pendanaan terorisme.
7. Aplikasi IBS Branhless, Sistem Integrated banking system anti pencucian uang, pencegahan pendanaan terorisme 2015,
8. Aplikasi IDEB SLIK OJK, Informasi debitur system layanan informasi keuangan,
9. Aplikasi Ruang Baca Online Pegawai
10. Aplikasi Digi Transaksi (CMS), DIGI Transaksi perumda BPR Bank Pasar Kabupaten Temanggung,
11. Aplikasi SIMPATI MOBILE,
12. Aplikasi layanan pengaduan konsumen
13. Aplikasi Whistle Blowing System
14. Aplikasi pengajuan kredit
Ditambahkan Retno, BAPAS Temanggung memiliki berbagai produk dapat dirasakan cukup impresif. Seperti: kredit pegawai, kredit umum, kredit PPPK, kredit umum 6, kredit pasar, deposito, tabungan, tabungan pegawai, tabungan umum, tabungan pasar, Taberna, Tabungan Simpati, Tabungan Tara, TabunganKu, Tabungan Simpel.
Walhasil, dengan kinerja bisnis BAPAS Temanggung sangat oke. Pada tahun 2023 berhasil membukukan laba sebesar Rp 12,880 miliar dan tahun 2024 sebesar Rp 13,106 miliar.
“Dan setoran PAD selama lima tahun kepada pemegang saham sebesar Rp 5,557 miliar, sementara setoran modal dari pemilik modal. Modal disetor Pemda Kabupaten Temangung sebesar Rp 23,661 miliar, dan aset sebesar Rp 562,033 miliar,” pungkas dia.