Jakarta, TopBusiness – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) RSUD Pandan terpilih menjadi nominator TOP BUMD Awards 2025. RSUD yang memiliki visi ‘Menjadi Rumah Sakit yang berkualitas dan berkarakter untuk mewujudkan Masyarakat yang Sehat’ ini, dicatat mengikuti sesi presentasi Penjurian TOP BUMD Awards 2025, (10/2/2025).
Hadir dalam penjurian diantaranya adalah Direktur UPTD RSUD Pandan dr. Fadli Syahputra, M.Ked, Sp.A.; Kepala Tata Usaha RSUD Pandan German Sitompul, SAP. MAP; dan Kasubag Program Perencanaan dan Keuangan RSUD Pandan Lisnawati Panjaitan.
Dalam Penjurian, dr. Fadli menyatakan jika RSUD Pandan kembali mencatatkan kinerja positif yang membanggakan selama tahun 2024. Seperti misalnya, berhasil melaksanakan semua target kinerja berdasar penugasan Kepala Daerah dengan nilai 100%. Beberapa target tersebut diantaranya adalah terkait Jasa Pelayanan: Radiologi, Laboratorium Patologi, Gawat Darurat, Rawat Inap, Rehabilitasi Medik, Farmasi, Transfusi darah, Gakin, dan Pengelolaan Limbah.
Pada Jasa Pelayanan Radiologi, RSUD Pandan berhasil memenuhi target yang diberikan. Salah satu indikator keberhasilannya adalah berhasil melaksanakan ekspertisi hasil pemeriksaan rontgen. Pada Jasa Pelayanan Laboratorium Patologi, berhasil melaksanakan ekspertisi hasil pemeriksaan laboratorium dan tidak ada kesalahan penyerahan hasil pemeriksaan.
Untuk Jasa Pelayanan Gawat Darurat, RSUD Pandan berhasil memberi pelayanan kegawatdaruratan yang bersertifikat ATLS/BTLS/ACLS/PPGD dan tidak adanya keharusan untuk membayar uang muka. Sementara itu untuk Pelayanan Rawat Inap, ketersediaan pelayanan rawat inap dan dokter penanggungjawab pasien rawat inap dicatat berhasil dipenuhi.
Selanjutnya pada Rehabilitasi Medik, RSUD Pandan berhasil memenuhi target dengan indikator tidak adanya kejadian kesalahan tindakan rehabilitas. Pada Jasa Pelayanan Farmasi, tidak adanya kejadian kesalahan pemberian obat dan penulisan resep sesuai formularium juga dicatat berhasil dipenuhi.
Pada Jasa Pelayanan Transfusi Darah, juga berhasil dipenuhi pemenuhan kebutuhan darah bagi setiap pelayanan. Untuk Pelayanan Gakin, RSUD Pandan berhasil memenuhi target dengan indikator berhasil menghadirkan kelengkapan pengisian rekam medik 24 jam dan kelengkapan Informed Concent setelah mendapatkan. Terakhir pada Pengelolaan Limbah, RSUD Pandan berhasil menghadirkan Baku Mutu Limbah Cair dan Pengolahan Limbah Padat Berbahaya.
Tidak hanya itu, RSUD Pandan berhasil menorehkan Nilai Pendapatan di atas target. Pada tahun 2023, target Pendapatan sebesar Rp30.000.000.000 dan Realisasi sebesar Rp32.892.175.260 atau naik sebesar 2,8%. Pada tahun 2024, target Pendapatan sebesar Rp34.000.000.000 dan Realisasi sebesar Rp42.386.295.390 atau naik sebesar 8,4%.
Menurut dr. Fadli, semua capaian tersebut tidak lepas dari keberhasilan manajemen dalam mengoptimalisasi Tata Kelola dan Solusi Bisnis secara terstruktur. Pada Tata Kelola, manajemen dicatat berhasil menyelaraskan Sistem Manajemen SDM dengan Strategi Bisnis. Strategi Bisnis RSUD Pandan adalah: Manajemen rumah sakit dengan kaidah bisnis yang sehat, efektif, efisien dan akuntabel, Mewujudkan sumber daya manusia yang profesional, inovatif dan kreatif; dan Mewujudkan jejaring pelayanan yang berkelanjutan.
Pada Solusi Bisnis, manajemen dicatat menghadirkan aplikasi SIMRS yang diimplementasikan mulai tahun 2024. Aplikasi ini dihadirkan untuk mendukung Sistem Antrian online berbasis android, ios dan web based yang terintegrasi dengan Sistem JKN. Aplikasi ini memiliki fitur unggulan mendukung format laporan RL 1-6 SIRS. Banyak manfaat yang didapat dari kehadiran aplikasi SIMRS. Di mana diantaranya adalah: Paperless, terdaftar sebagai mitra resmi satusehat, serta beroperasi dengan baik pada perangkat komputer desktop, laptop, tablet ataupun smartphone.
“Penggunaan SIMRS juga mampu mengoptimalisasi penggunaan waktu pelayanan”, kata dr. Fadli.
Tidak berlebihan bila berkat keberhasilan mengoptimalisasi Tata Kelola dan Solusi Bisnis secara terstruktur pula, RSUD Pandan berhasil menghadirkan kinerja lain yang sangat membanggakan. Seperti misalnya, pada tahun 2024, Manajemen RSUD Pandan berhasil melakukan pembayaran utang sebanyak 5 M. Selain itu pula, Manajemen RSUD Pandan berhasil meningkatkan PAD pada tahun 2024.
RSUD Pandan bahkan dicatat berhasil meraih nilai 85,25 terkait Survey Kepuasan Masyarakat yang menunjukkan Mutu Pelayanan memiliki kategori Baik pada tahun 2023. Dan pada tahun 2024, Indeks Kepuasan Masyarakat dicatat memiliki nilai 87,94. Hal ini menunjukkan Mutu Pelayanan RSUD berdasar catatan Responden, memiliki kategori Baik.
