TopBusiness
  • Home
  • Economic
  • Business Info
  • Capital Market
  • Finance
  • BUMN
  • BUMD
  • DAERAH
  • Marketing
  • Event
  • CSR
No Result
View All Result
  • Home
  • Economic
  • Business Info
  • Capital Market
  • Finance
  • BUMN
  • BUMD
  • DAERAH
  • Marketing
  • Event
  • CSR
No Result
View All Result
TopBusiness
No Result
View All Result

BTN Dorong Bale by BTN Jadi Marketplace untuk Properti

Nurdian Akhmad
7 August 2025 | 10:46
rubrik: Business Info
BTN Dorong Bale by BTN  Jadi Marketplace untuk Properti
Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta, TopBusiness – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) berkomitmen untuk memperkuat hubungan dengan nasabah eksisting khususnya yang terkait dengan core business BTN di Housing Ecosystem melalui peningkatan kepemilikan produk, termasuk integrasi layanan digital lewat Bale by BTN.

Upaya tersebut menjadi salah satu langkah BTN untuk menopang pertumbuhan dana ritel.

“Lewat pemanfaatan Bale, kami ingin memastikan setiap relasi nasabah tidak berhenti di pembukaan rekening saja, tapi berlanjut ke transaksi aktif dan hubungan jangka panjang yang produktif,” ujar Direktur Network & Retail Funding Rully Setiawan dalam keterangan tertulis, Kamis (7/8/2025).

Sebagai upaya menciptakan basis pendanaan ritel yang berkelanjutan, Bale by BTN telah terhubung dengan rekening nasabah payroll, sehingga memudahkan mereka dalam melakukan transaksi.

Saat ini sebanyak 400.000 rekening payroll telah dikelola oleh BTN. Kalau sudah masuk ke BTN Payroll, layanan sudah lengkap, Rully menyebut nasabah bisa mengajukan kredit ringan dan lain-lain.

“Kalau mau beli rumah, BTN siap melayani. Kami harap ke depannya Bale by BTN ini bisa menjadi marketplace untuk properti dan langsung terkoneksi payroll nasabah untuk memudahkan mereka bayar cicilan KPR,” ucap Rully.

Masih terkait upaya mendongkrak pendanaan, BTN juga akan meluncurkan bisnis Private Banking atau segmen teratas dengan minimal rekening mulai dari Rp15 miliar karena potensinya yang masih sangat besar.

Dengan strategi yang lebih fokus, pendekatan berbasis potensi wilayah, serta penguatan lini digital dan produktivitas frontliner, ia menyatakan BTN optimistis dapat mendorong pertumbuhan dana murah yang lebih sehat dan berkelanjutan.

“Langkah ini bukan hanya soal pencapaian angka, tapi membangun struktur pendanaan yang kokoh dan efisien untuk menghadapi tantangan likuiditas dan dinamika industri perbankan hingga akhir tahun,” tutup Rully.

BACA JUGA:   Tahun Ini, PP Properti Garap Proyek di 25 Lokasi

Upaya lain yang dilakukan untuk menopang pertumbuhan dana ritel  adalah menggarap potensi nasabah UMKM dan nasabah payroll berdasarkan pemetaan nasional yang ditindaklanjuti oleh unit kerja di lapangan.

BTN juga akan memaksimalkan potensi bisnis lokal di sekitar kantor cabang, khususnya dari sektor properti, pendidikan, dan kesehatan.

Hingga akhir Mei 2025, DPK segmen retail BTN tercatat sebesar Rp 65,65 triliun atau sekitar 93,5 persen dari target semester berjalan.

Kontribusi DPK BTN masih didominasi tabungan institusi, sementara pertumbuhan dana ritel individu, terutama dari tabungan transaksional, memiliki ruang yang besar untuk peningkatan.

BTN menargetkan dana ritel atau nasabah perorangan sekitar Rp 3 triliun per bulan. Ini belum termasuk dari UMKM. “Tren itu sudah terlihat sejak Juli dan diharapkan pertumbuhannya konsisten,” kata Rully.

“Secara keseluruhan, kami menargetkan pertumbuhan DPK sekitar 2 persen di atas pertumbuhan kredit,” jelasnya.

Tags: Bale by BTNbtnproperti
Previous Post

RI dan Belarusia Jajaki Joint Venture Strategis

Next Post

Workshop ESG Integration in Construction, Produk Berkelas Mitra Binaan Patra Drilling Contractor Ikut Unjuk Gigi

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Email

TopBusiness - Inspire Great Business Performance | All Rights Reserved

  • Home
  • Economic
  • Business Info
  • Capital Market
  • Finance
  • BUMN
  • BUMD
  • DAERAH
  • Marketing
  • Event
  • CSR