Jakarta, BusinessNews Indonesia—Pembaca media cetak di 11 kota besar di Indonesia, kini di angka 8%. Dari situ, sebesar 36%-nya adalah pengambil keputusan di rumahnya masing-masing.
Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Eksekutif Nielsen Media, Hellen Katherina, di Jakarta kemarin sore, dalam paparan hasil riset, ke wartawan.
Dia mengatakan, berdasarkan survei Nielsen Consumer and Media View Kuartal III 2017 di 11 kota besar, didapati pula satu fakta menarik. Yakni, bahwa pembaca media cetak merupakan mereka yang menjadikan membaca sebagai hobi utama.
Hasil survei itu pun menyimpulkan bahwa jumlah penonton televisi sebesar 46%. Kemudian, pengguna internet 43%; pendengar radio 37%; penonton televisi berlangganan di 8%; dan lain-lain.
“Adapun untuk media cetak, angka 8% itu lebih rendah daripada lima tahun lalu yang di angka 16%,” Hellen berkata.
Dari total pembaca media cetak, sebanyak 83% merupakan pembaca surat kabar. Untuk majalah, persentasenya di 15%. Adapun pembaca tabloid di 17%.
“Ada beberapa alasan utama membaca surat kabar, seperti mendapatkan informasi terpercaya dan head line yang menarik. Pembaca surat kabar, sangat terseleksi sekaligus merupakan quality audience yang bagus buat perusahaan yang akan mempromosikan produk,” kata dia.