Jakarta, TopBusiness—Penjualan online global produk FMCG (fast moving consumer goods) tumbuh empat kali lebih cepat daripada penjualan offline, dan wilayah menjadi penentu laju pertumbuhan penjualan FMCG online pada tahun-tahun mendatang.
Demikian menurut laporan terbaru dari Nielsen, yakni The Nielsen Future Opportunities in FMCG E-Commerce Report, seperti ditulis dalam keterangan pers yang diterima semalam oleh wartawan situs internet ini.
Dijelaskan, laporan itu mengkaji pendorong pertumbuhan FMCG e-commerce di 34 negara, menyoroti kecepatan yang luar biasa di mana e-commerce FMCG akan bertumbuh dalam tahun-tahun mendatang (18,4% CAGR setiap tahun).
Diperkirakan, total penjualan global akan mencapai hingga USD 400 miliar pada tahun 2022.
“Kawasan Asia-Pasifik diharapkan memberikan beberapa peluang pertumbuhan terbesar untuk FMCG online dalam lima tahunke depan,” kata Ji Hyuk Park, Nielsen’s Developed Markets Digital Retail Lead.
Kata dia, 43% konsumen di kawasan itu sudah menggunakan platform e-commerce untuk pengiriman produk ke rumah, dan 15% lagi menunjukkan bahwa konektivitas internet yang lebih baik akan meningkatkan kecenderungan mereka untuk berbelanja online.
”Korea Selatan memimpin dalam e-commerce global, dengan hampir seperlima (18%) dari semua FMCG dijual melalui online,” kata dia lagi.
Penulis/Editor: Achmad Adhito