Home Ekonomi Capital Market SOSS Akan Gunakan Dana IPO Untuk Bayar Utang

SOSS Akan Gunakan Dana IPO Untuk Bayar Utang

foto: istimewa

Jakarta, TopBusiness – PT Shield-On Service Tbk (SOSS) pada hari ini sudah mencatatkan diri di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai emiten ke-49 di tahun ini.

Dari proses penawaran perdana saham atau initial public offering (IPO), perseroan melepas sebanyak 150 juta lembar saham atau setara 23,08 persen dari jumlah modal yang ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah IPO.

Emiten yang bergerak di bidang penyedia jasa keamanan (security service), perawatan gedung (facility solutions), sumber daya manusia (progessional employee services) dan manajemen parkir ini juga menerbitkan waran dengan rasio 1:1. Jadi satu orang investor hanya dapat satu waran.

“Dari dana IPO ini, perseroan mengantoni dana sebanyak Rp41,25 miliar. Dan dana tersebut akan kami gunakan paling banyak untuk pelunasan utang,” tegas Direktur Utama SOSS, Herman Julianto di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Dia pun merinci penggunaan dana tersebut, sebanyak 71,23 persen untuk pelunasan utang AB Sinarmas Multifinance, kemudian sebanyak 20,61 persen untuk penyertaan saham pada PT Human Resource Provider (HRP).

“Dan sisanya yakni sebanyak 8,16 persen untuk modal kerja perseroan,” imbuh Herman.

Setelah proses IPO, komposisi pemegang saham dari perseroan adalah PT Puragraha Dianpertiwi (31,65 persen), PT Nusantara Suryamukti (26,04 persen), PT Inlife (19,23 persen), dan publik sebanyak 23,08 persen.

Lebih jauh dia menegaskan, perseroan juga berhasil membukukan pendapatan per 30 April 2018 sebesar Rp191,5 miliar dengan laba berjalan perseroan sebesar Rp1,4 miliar. Sedang total ekuitas SOSS senilai Rp41,37 miliar.

“Keyakinan dan optimisme kami memberikan keberanian untuk IPO dan sambutan yang diberikan oleh pasar modal Indonesia hingga kami tercatat di BEI menjadi kepercayaan dari publik. Dan listing ini jadi komitmen kami ke para stakeholder dan rekanan,” klaim dia.

Penulis: Tomy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here