Home Ekonomi Business Info Banyak Sentimen Positif, Rupiah Berpeluang di Zona Hijau

Banyak Sentimen Positif, Rupiah Berpeluang di Zona Hijau

ilustrasi perdagangan valas/foto: istimewa

Jakarta, TopBusiness – Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS (USD) pada perdagangan hari ini diperkirakan bisa kembali menguat, seiring masih banyaknya sentimen positif.

Mengutip Bloomberg hari ini, rupiah pun dibuka di zona hijau di level Rp14.590. Angka ini menguat 23 poin dari penutupan kemarin di posisi 14.613. Namun sayang dalam satu jam pertama rupiah kembali melemah ke 14.655 atau melemah 65 poin (0,45 persen).

Menurut analis pasar uang dari Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI), Reza Priyambada pergerakan Rupiah yang kembali melanjutkan kenaikan diharapkan masih dapat bertahan pada hari ini.

“Kondisi tersebut seiring dengan masih adanya sejumlah sentimen positif dari dalam negeri maupun dari luar negeri,” papar Reza di Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Dari luar negeri, jelas dia, kondisi hasil pemilu pertengahan di AS dimana Partai Demokrat menguasai DPR dan Partai Republik menguasai Senat telah sentimen pasar yang membuat meredanya permintaan akan USD.

“Dengan kondisi tersebut pergerakan Rupiah seharusnya kembali berkesempatan untuk menguat dengan memanfaatkan pelemahan USD,” kata dia.

Sebelumnya, penguatan rupiah dipicu oleh embaiknya sejumlah data ekonomi dimana kali ini dari perkuraan membaiknya cadangan devisa yang menopang sentimen positif pada pergerakan Rupiah.

Tak cuma itu, adanya imbas dari pembatasan import dan mulai diberlakukannya transaksi Non-Deliverable Forward dimana pelaku usaha dapat melakukan transaksi forward dengan mekanisme fixing (tanpa pemindahan dana pokok) yang dilakukan di pasar domestik turut membantu terapresiasinya Rupiah.

“Tentunya kondisi ini memberikan kesempatan pada Rupiah untuk dapat bergerak positif,” kata dia menganalisa.

Dengan segala sentimen tersebut, Reza pun memprediksi Rupiah akan bergerak di kisaran 14.610-14.562. “Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat Rupiah kembali melemah,” ujar dia.

Penulis: Tomy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here