Jakarta, TopBusiness – Belanja iklan pada semester I-2019 belum menunjukkan perbaikan, bahkan cenderung melambat dibandingkan semester yang sama tahun 2018. Namun di tengah trend perlambatan itu, PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) tetap berinovasi menyuguhkan konten-konten berkualitas dan menarik.
Penyajian konten-konten itu yang dapat dinikmati di berbagai platform, diharapkan dapat menjangkau khalayak secara luas. “Sejumlah program yang baru diluncurkan ANTV seperti drama series Fitri, Aisyah, Rahasia Hidup, Ishq Subhan Allah dan Ishq Mein Marjawan, semakin mendapatkan tempat di hati pemirsa setianya,” ujar Anindya Bakrie, CEO VIVA, dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, ditulis Kamis (1/8/2019).
Berdasarkan data Nielsen selama bulan Juli 2019, beberapa program ANTV menembus 10 besar program series seluruh stasiun TV FTA di tanah air. Sebut saja program drama series Fitri dari pertama kali diluncurkan memperoleh TVR/TVS 2,9%/13,3%, Aisyah dengan TVR/TVS 3,0%/11,5%, dan beberapa program drama series lainnya. Keberhasilan ini membuat ANTV hingga saat ini kokoh Tier-1 FTA dengan TVS 11.5% untuk periode 1-31 Juli.
Keberhasilan VIVA ini juga dapat dinikmati melalui website www.antvklik.com. Dimana ANTV mengembangkan multi channel serupa melalui YouTube seperti Best Pesbuker, Klik Bocah, Klik Misteri. Selain juga web series seperti web series Cek Kontrakan Sebelah, web series Maya dan web series 29 Maret.
Selain ANTV, tvOne juga kokoh menjadi stasiun TV FTA berita dan olahraga #1 di Indonesia yang memperkuat lini programnya dengan menawarkan konten-konten baru, khususnya di bidang olahraga.
Saat ini tvOne memiliki program ILC yang tetap menjadi program talkshow #1 di Indonesia dengan TVS 7,5 YTD. Untuk memenuhi segmen olahraga sejak 2016 pihaknya telah menayangkan One Pride MMA yang berhasil mencatat TVS 5,7 pada pertandingan Live 27 Juli lalu sementara TVS YTD adalah 4,8. “Guna memperkuat lini konten olahraga tvOne, kami telah meluncurkan konten baru yaitu One Prix yang bekerjasama dengan PT One Prix Motor Management,” kata dia.
One Prix telah mengelar putaran pertama pada bulan Juli ini, program ini mencatat TVS sebesar 7,3. Dari sisi digital media, tvOne telah mengembangkan kehadirannya melalui tvOne Connect, berbagai channel di youtube dan juga bekerjasama dengan maxstream, video.com dan iflix, yang semuanya itu akan memanjakan pemirsanya.
Guna melengkapi bisnis TV FTA, VIVA senantiasa mengembangkan bisnis digitalnya melalui PT Visi Media Baru (VMB). VMB saat ini telah memiliki portal berita viva.co.id, dan telah meluncurkan dua portal baru yaitu www.jagodangdut.com dan www.100kpj.com, www.jagodangdut.com adalah portal berita yang mengulas informasi terkait dengan perkembangan dunia musik dangdut, para seniman dangdut. Sejak diluncurkan portal tersebut telah mencatat 18jt sessions.
Sementara www.100kpj.com adalah portal berita otomotif, khususnya motor dan sejak diluncurkan telah mencatat 14,4jt sessions. Kedepannya VMB akan terus berinovasi dengan meluncurkan beberapa portal baru serta layanan video on demand. “Portal-portal baru ini tentunya akan memperkuat VIVA Group dalam ranah digital media dimana ANTV dan tvOne masing-masing juga sudah memiliki platform digital,” tandas Anindya.
Terkait dengan kinerja keuangan semester I-2019, VIVA membukukan perbaikan kinerja pada kuartal II-2019 ini dengan pendapatan mencapai Rp 594,6 miliar dibandingkan dengan pendapatan kuartal I-2019 yang sebesar Rp 522,9 miliar atau tumbuh 14%. Pertumbuhan pendapatan tersebut meningkatkan EBITDA yang tumbuh 20% dari Rp25,6 miliar pada kuartal 1 2019 menjadi Rp30,7 miliar pada kuartal 2 2019.
“Langkah-langkah VIVA Group dalam memperkuat ranah digital akan menambah daya tarik para pengiklan untuk beriklan di media platform VIVA Group. Untuk itu, ke depan, kami akan mengembangkan konten secara in-house dan joint production yang hak kepemilikan intelektualnya dimiliki perusahaan, sehingga konten-konten tersebut dapat dimonetisasi diberbagai platform yang kami miliki,” pungkas dia.
Tomy