Home Ekonomi Capital Market Perusahaan dalam CEO Indonesia Didorong untuk IPO

Perusahaan dalam CEO Indonesia Didorong untuk IPO

Foto: istimewa

Jakarta, TopBusiness – Perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Yayasan Global CEO Indonesia (CEO Indonesia) masih banyak yang belu berstatus peusahaan tercatat. Untuk itu, mereka pun didorong agar siap melantai ke Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui skema penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).

Agar langkah ini mulus, PT MNC Sekuritas siap mengajak perusahaan-perusahaan tersebut untuk IPO. Apalagi saat ini masih tingginya minat perusahaan dan investor dalam memanfaatkan tren pertumbuhan di pasar modal. Pihaknya pun akan menggarap ini melalui layanan Divisi Investment Banking MNC Sekuritas.

“Besarnya transaksi yang dicatatkan oleh Divisi Investment Banking MNC Sekuritas di bisnis penjaminan emisi maupun financial advisory, membuktikan bahwa kapabilitas dan profesionalisme perseroan sebagai penyedia jasa investment banking,” kata Direktur Utama MNC Sekuritas, Susy Meilina di Gedung BEI Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Nantinya, dalam proses pendampingan ini, kata dia, MNC Sekuritas akan menyediakan jasa financial advisory serta menyiapkan rencana strategis hingga persiapan proses IPO-nya.

Berdasarkan data terakhir, MNC Sekuritas sudah tiga kali bertindak selaku penjamin pelaksana emisi efek dalam pelaksanaan IPO untuk PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA), PT MNC Studio International (MSIN) dan PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV).

Lebih lanjut Susy menyebut, minat perusahaan untuk mencatatkan saham di BEI terus mengalami peningkatan, tercermin dari realisasi di 2018 ada 57 emiten baru. Per 2 September 2019, jumlah emiten baru di sepanjang tahun ini sebanyak 33 perusahaan atau total emiten saat ini sebanyak 648 perusahaan.

CEO Indonesia sendiri meluncurkan aplikasi mobile bernama CEO Indonesia yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi antar-anggota, memudahkan sistem registrasi calon anggota serta sebagai wadah kolaborasi penyelenggaraan acara atau program komunitas. CEO Indonesia beranggotakan direksi dan komisaris perusahan mereka yang memiliki anggota sebanyak 900 perusahaan.

CEO Indonesia yang berawal dari komunitas di WhatsApp Group pada tahun 2016 telah berdiri dan secara resmi sebagai yayasan sejak tahun 2017. CEO Indonesia merupakan wadah beranggotakan Direktur dan Komisaris dari perusahaan-perusahaan di Indonesia. Hingga tahun 2019, CEO lndonesia tercatat sudah memiliki sekitar 900 anggota.

Penulis: Tomy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here