Home Ekonomi Kemenperin Konsisten Pertahankan WTP

Kemenperin Konsisten Pertahankan WTP

Jakarta, TopBusiness – Kementerian Perindustrian atau Kemenperin meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan berkat mampu konsisten mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas audit laporan keuangan pada periode 2014-2018.

“Prestasi ini sebagai wujud komitmen yang kuat dari seluruh jajaran di lingkungan Kemenperin dalam membangun akuntabilitas kinerja,” kata Menperin Airlangga Hartarto, seusai menerima penghargaan di Jakarta, dalam laman kemenperin.go.id.

Kemenperin dinilai profesional, akuntabel serta transparan dalam pengelolaan keuangan negara.

Opini WTP merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi dalam laporan keuangan dengan didasarkan pada empat kriteria. Yakni, kesesuaian standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepaturah terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian internal.

Selama ini, Kemenperin telah melakukan langkah-langkah serius dan terukur agar mampu mempertahankan predikat opini WTP, salah satunya melalui Key Performance Indicators (KPI) Menperin, dengan menerbitkan Instruksi Menperin tentang Rencana Aksi mempertahankan opini WTP.

 

 

Penulis : Agus H

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here