Pertamina Siap Integrasi Dua Kilang

Penulis achmad adhito

Jakarta,TopBusiness—Setelah menguasai saham mayoritas Tuban Petro hingga 51 persen, Pertamina siap mengintegrasikan Kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) yang merupakan anak usaha Turban Petro, dengan megaproyek Grass Root Refinery (GRR) Tuban.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, restrukturisasi Tuban Petro merupakan bagian dari kilang Pertamina yang mengutamakan aspek fleksibilitas, di mana mode kilang bisa beralih ke mode petrokimia ataupun mogas. “Hal ini membuat produksi kilang dapat menyesuaikan dengan permintaan pada saat beroperasi,” kata dia dalam keterangan tertulisnya yang diterima wartawannya Majalah TopBusiness semalam.

Kemudian, lanjut Nicke, dengan pasokan bahan baku yang terintegrasi antara satu kilang dengan kilang lainnya, diharapkan juga bisa meningkatkan efisiensi baik sisi pengeluaran operasional maupun pengeluaran modal, sehingga meraih keuntungan yang maksimal.

Dengan tingkat keuntungan yang maksimal, maka proyek-proyek kilang Pertamina mampu menjadi bisnis yang berkelanjutan ke depannya.

“Jadi jelas bahwa proyek kilang kami yang sedang berjalan akan menjadi bisnis yang berkelanjutan karena dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pasar dan didukung integrasi baik sesama kilang maupun infrastruktur Pertamina lainnya,” ujar Nicke.

Sumber Foto: Istimewa

BACA JUGA

Tinggalkan komentar