Pefindo Pertegas Peringkat BMRI

Penulis Agus

Jakarta, TopBusiness – Lembaga pemeringkat efek, PT Pefindo menegaskan peringkat idAAA untuk PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) dan Obligasi Berkelanjutan Bank Mandiri I Tahun 2016. Selanjutnya, menegaskan peringkat idAA untuk MTN Subordinasi I/2018. Prospek untuk peringkat korporasi tersebut adalah stabil.

Dalam laman pefindo.com, di Jakarta, analis Kreshna Armand menyatakan, obligor berperingkat idAAA merupakan peringkat tertinggi yang diberikan. Kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya, relatif terhadap obligor Indonesia lainnya, adalah superior.

Efek utang dengan peringkat idAA memiliki sedikit perbedaan dengan peringkat tertinggi yang diberikan, dan kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atas efek utang tersebut, dibandingkan dengan obligor lainnya di Indonesia, adalah sangat kuat.

Peringkat tersebut mencerminkan dukungan yang kuat dan terbukti terhadap BMRI dari pemegang saham pengendali yaitu pemerintah, posisi bisnis yang sangat kuat, permodalan yang sangat kuat, dan profil likuiditas yang sangat baik. Namun, kekuatan tersebut terbatasi sebagian oleh ketatnya persaingan di tengah kondisi makroekonomi yang menantang. “Peringkat dapat diturunkan jika kami berpendapat adanya penurunan terhadap dukungan dari pemerintah, yang mana dapat terjadi dari memburuknya profil kredit BMRI secara individu (standalone),” ujarnya.

BACA JUGA

Tinggalkan komentar