Jakarta, TopBusiness – Didirikan oleh AHK Hamami pada 23 Desember 1970, PT Trakindo Utama adalah salah satu perusahaan nasional yang bergerak di industri alat berat. Dalam hal ini, Trakindo merupakan dealer alat berat dengan merek Caterpillar.
Meski Caterpillar adalah brand alat berat dari Amerika Serikat, namun Trakindo masih pure (murni) perusahaan nasional dan masih tertutup. Demikian seperti disampaikan Candy Sihombing, selaku Corporate Communication & CSR Manager PT Trakindo Utama dalam sesi Presentasi dan Wawancara Penjurian TOP CSR Awards 2020 di Jakarta,
Dalam menjalankan bisnisnya, sejak awal Trakindo memiliki misi yang sangat mulia, yakni menjadi perusahaan yang menciptakan lapangan pekerjaan yang berkualitas bagi sebanyak-banyaknya rakyat Indonesia. Berangkat dari misi mulia inilah kemudian Trakindo menurunkannya menjadi program CSR perusahaan.
“Bicara tentang misi menciptakan lapangan pekerjaan yang layak dan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia, maka daripada itu dijadikanlah sebuah strategi, bukan hanya strategi perusahaan, tetapi juga turun ke dalam strategi CSR. Bahwa kita selalu berkomitmen menjadi warga perusahaan (corporate citizenship) yang baik, melalui program-program yang sustainable (berkelanjutan) yang memiliki empat pillar yaitu Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, dan Bantuan Kemanusiaan,” ungkap Candy.
Di antara empat pilar yang telah disebutkan, sektor pendidikan menjadi pilar yang memiliki bagian terbesar dari Program Corporate Citizenship Trakindo. Hal itu menurut Candy berkaitan langsung dengan misi perusahaan yang ingin menciptakan lapangan pekerjaan yang berkualitas dan itu akan terjadi ketika ada pendidikan yang baik dan berkarakter.
“Jadi, ciri khas dari kami adalah bagaimana Trakindo berfokus pada bidang pendidikan untuk menciptakan kualitas generasi-generasi yang berkarakter,” lanjut Candy.
Di mana kita tadi bicara tentang mencipatakan lapangan pekerjaan yang berkualitas dan itu karena percaya itu akan terjadi ketika ada pendidikan yang baik dan berkarakter. Jadi, ciri khas dari kami adalah bagaimana Trakindo berfokus pada bidang pendidikan untuk menciptakan kualitas generasi-generasi yang berkarakter.
Beberapa capaian yang telah diraih Trakindo dari program CSR yang dijalankan di bidang pendidikan, antara lain sebanyak 250 SDN binaan dan imbas mendapat pendampingan pengembangan sekolah berkarakter; produk inovasi, karya literasi guru dan siswa; buku, modul latih, dan lainnya telah dihasilkan; sebanyak 1000 guru mendapat pelatihan peningkatan kapasitas pendidikan karakter; dan prestasi sekolah meningkat sebagai dampak program.
Adapun untuk pilar lainnya lebih, seperti lingkungan dan kesehatan sudah menjai bagian dari kegiatan operasional Trakindo sehari-hari.
“Karena yang namanya safety, health, dan environment itu merupakan prinsip utama Trakindo dalam bekerja,” ucap Candy.
Sementara pilar bantuan kemanusiaan, ini pun disebut Candy sudah secara natur menjadi bagian Trakindo sebagai agen alat berat, di mana setiap terjadi bencana, perusahaan biasanya turun membantu untuk korban-korban bencana.
Saat ini Trakindo memiliki karyawan lebih dari 6000 orang di seluruh Indonesia, dari Banda Aceh sampai Merauke. Dalam menjalankan bisnisnya, Trakindo melayani banyak pelanggan dari berbagai kalangan industri, mulai dari pertambangan, konstruksi, pertanian & perkebunan, kehutanan, hingga industri di sektor energi & transportasi.
Penulis: Fauzi
Fotografer: Rendy MR/TopBusiness