Ini Cara Ajukan Restrukturisasi Kredit ke Leasing

Penulis Busthomi

Jakarta, TopBusiness – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyampaikan ada relaksasi berupa kredit yang bisa direstrukturisasi akibat adanya wabah virus corona atau covid-19. Kebijakan ini akan lebih diprioritaskan kepada para debitur yang terdampak langsung ataupun tak langsung dari adanya virus itu.

Salah satu yang disorot tentu terkait restrukturisasi kredit kendaraan dari perusahaan pembiayaan atau leasing. Untuk itu, pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun langsung menyambut baik untuk menjelaskan secara teknis perihal pengajuan restrukturisasi ke pihak leasing tersebut.

Menurut Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK, Anto Prabowo, saat ini pihak otoritas tengah menginvestigasi karena adanya beberapa debt collector yang melakukan penagihan di luar sepengetahuan dari perusahaan leasing.

“Ini perlu hati-hati. Kalau itu debt collector dilakukan oleh perusahaan pembiayaan, bisa disampaikan kepada debt collector bahwa si debitur itu akan mengurus restrukturisasinya dan bisa disampaikan ke perusahaan leasing,” ujar dia di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Untuk itu, perlu diketahui beberapa hal penting yang wajib dipahami oleh si debitur sebelum melakukan pengajuan restrukturisasi atau keringanan kredit itu.

Pertama, debitur wajib mengajukan permohonan restrukturisasi melengkapi dengan data yang diminta oleh bank/leasing yang dapat disampaikan secara online (email/website yang ditetapkan oleh bank/leasing). “Ini dilakukan tanpa harus datang bertatap muka,” kata dia.

Kedua, pihak bank/leasing akan melakukan assessment, antara lain terhadap debitur apakah termasuk yang terdampak langsung atau tidak langsung, historis pembayaran pokok/bunganya, termasuk kejelasan penguasaan kendaraan (terutama untuk leasing).

Ketiga, pihak bank/leasing memberikan restrukturisasi berdasarkan profil debitur untuk menentukan pola restrukturisasi atau perpanjangan waktu, jumlah yang dapat direstrukturisasi termasuk jika masih ada kemampuan pembayaran cicilan yang nilainya melalui penilaian dan/atau diskusi antara debitur dengan bank/leasing.

“Hal ini tentu memperhatikan pendapatan debitur yang terdampak akibat covid-19 itu. Informasi persetujuan restrukturisasi dari bank/leasing ini disampaikan secara online atau via website bank/leasing yang terkait, dimana memperoleh lanjutan informasi dari OJK mengenai restrukturisasi kredit/leasing tersebut,” terang Anto.

Namun begitu, dia mengingatkan, kebijakan restrukturisasi ini diprioritaskan untuk debitur yang memiliki atau mensyaratkan itikad baik dan terdampak akibat covid-19. Artinya debitur harus berkomunikasi (secara online/surat tanpa tatap muka) dengan leasing/perusahaan pembiayaan untuk menyampaikan permasalahan dan keberadaan kendaraan yang menjadi obyek leasing.

“Ini penting agar leasing itu sesuai dengan tatacara penarikan kendaraan masih dapat bekerjasama dengan pihak kepolisian melakukan tindakan hukum, apabila terdapat unsur melawan perbuatan hukum secara perdata maupun pidana. Karena banyak kasus kendaraan yang menjadi obyek leasing tidak lagi dikuasai oleh debitur,” pungkas Anto.

BACA JUGA

18 komentar

Saiful 28 March 2020 - 15:10

Berita ini bagus cuma masih kurang lengkap ..antara lain alamat email leasing atau web..saya mau alamat email leasing BCA finance

balas
Damron Sihombing 28 March 2020 - 20:02

Saya ingin mengajukan permohonan restrukturisasi kredit kendaraan saya, tapi saya tidak menemukan situs permohonan.

balas
Eko Purwanto siagian 29 March 2020 - 16:12

Saya pekerja harian , saya ingin rastrukturisasi Dari pihak bank /leasing

balas
putra 1 April 2020 - 21:15

alamat web untuk mengajukan restrukturisasi mana min? berita kok gk jelas begini sih..??
gara2 korona smua jadi gk jelas ya?.
pye iki ju..ju…

balas
Royal Rony H P Manik 14 April 2020 - 07:53

dimana saya bisa mendaftarkan permohonan restrukturisasi cicilan, karena saya cari web nya gak dapat? Leasing nya Mega Finance

balas
Johanes Sihombing 2 April 2020 - 09:10

Bagaimana cara mendapatkan formulir permohonan restrukrisasi kredit motor pada pembiayaan leasing adira

balas
H.MASHAL,SH,MM 2 April 2020 - 09:17

MOHON DI BANTU KAMI ALAMAT EMAIL PERMOHONAN RESTRUKTURISASI KENDARAAN SAYAI PADA ACC FINANCE,

balas
H.MASHAL,SH,MM 2 April 2020 - 17:01

SAYA TERLEBIH DAHULU MENYAMPAIKAN BAHWA SAYA PNS ALIAS ASN, GAJI YANG SAYA TERIMA SAYA GADAIKAN SAMA SEORANG TEMAN UNTUK DIJADIKAN MODAL OLEH ISTRI SAYA DALAM USAHA JUAL BELI BERAS. TERNYATA USAHA TERSEBUT BERJALAN LANCAR, kARNA ITU SAYA MENGAJUKAN KREDIT KENDARAAN KEPADA ACC FINANCE, DAN PEMBAYARAN ANGSURAN SAYA KEPADA ACC FINANCE BERJALAN LANCAR. TETAPI DENGAN ADANYA BENCANA NON ALAM BERUPA VIRUS CORONA COVID 19 SEKARANG INI MENYEBABKAN USAHA ISTRI SAYA TERGANGGU, DI MANA PARA PELANGGAN YANG SUDAH DIBERIKAN BERAS TIDAK DAPAT MEMBAYAR SETORANNYA DENGAN ALASAN TIDAK BEKERJA KARNA CORONA COVID 19. DENGAN DEMIKIAN, MAKA USAHA ISTRI SAYA TERDAMPAK BENCANA VIRUS CORON COVID 19 YANG SEDANG MEREBAK SAAT INI. DAN BERDAMPAK PULA KEPADA SETORAN ANGSURAN SAYA KEPADA ACC FINANCE. MOHON BANTUANNYA KIRANYA KAMI DAPAT DIBERIKAN ALAMAT EMAIL ACC FINANCE SEHINGGA SECARA RESMI SAYA DAPAT MENYAMPAIKAN PERMASALAHAN SAYA.TERIMAKASIH ATAS PERHATIAN DAN BANTUANNYA.

balas
Arianto A. Bahtiar 4 April 2020 - 10:21

Selamat siang..
Saya ingin mengajukan peemohonan restrukturisasi kredit kendaraan, dikarenakan dari dampak himbauan pemerintah untuk mengurangi penyeberan virus covid 19 (dirumahaja), saya belum dapat beraktifitas sebagaimana biasa untuk mendapatkan penghasilan lebih Dan lagi men cari lowongan pekerjaan, dan bukan memanfaatkan keadaan untuk menghindar dari tanggung jawab untuk membayar angsurat credit kendaraan. Namun dikarenakan memang masih teramat sulit untuk mendapatkan penghasilan yang terutama saya baru keluar dari salah satu perusahaan dengan terpaksa per 16 February 2020. Dan saya terasa sulit untuk mengakses situs resmi dimana saya ingin mengajukan kredit tersebut untuk mendapatkan form restrukturisasi penangguhan. Dalam hal ini, saya memohon solusi dari pihak pihak terkait.

Salaam ……

balas
Abdul rahman 10 April 2020 - 06:51

Bagai mana ni min saya ndak ada kerja gara2 covid19 dan saya ada tanggungan mao baya pakai apa saya, perkejaan saya di lokcdon, tolong dong di bantu

balas
Riswandiperanginangin 14 April 2020 - 18:38

Tolong ringankan tunggakan mobil 2 bulan

balas
HARIYONO 15 April 2020 - 10:38

Saya OJOL, saya merasakan dampak yang sama dg lainnya akibat COVID 19, Penghasilan sudah gak menentu.,pembayaran kredit pun sering terlambat saya mohon kebijakan MPM Finance untuk angsuran saya di tangguhkan dulu sampai batas waktu yg di tetapkan pihak MPM.
Mengingat kerjaan saya semua ONLINE,
GO MASSAGE DAN OJOL.

balas
Robert Rohimat Hidayat 20 April 2020 - 10:11

Saya ingin penanguhan cicilan motor

balas
Robert Rohimat Hidayat 20 April 2020 - 10:14

Ingin penanguhan cicilan motor

balas
Robert Rohimat Hidayat 20 April 2020 - 10:22

Pekerjaan saya sebagai supir merasakan dampak covid 19 dan saya ada tangungan Cicilan motor ingin ada keringan ditanguhkan 3 bulan

balas
Wandi budiyanto 22 April 2020 - 16:52

Saya sdh daftar rekturisasi,,tpi knp adira msh tlp kpn akn byr angsuran,kt’y sdh jatuh tempo,,

balas
yudi 25 April 2020 - 18:32

Saya sudah maju ke-2 bulan lom setor motor dri bulan maret semoga sjh bunga nya di ringan kan krna saya lom bisa bayr bingung Sprti skrg ini mudh2an pihak cbng adira ada kelonggaran

balas
Yudi 27 April 2020 - 18:19

SAYA Blum bisa menemukan situs nya setrukturisasai nya mau minta permohonan tpi blum juga dpt di almt nya.tlong beri ta yg jelas..

balas

Tinggalkan komentar