Jakarta, TopBusiness – Perusahaan teknologi informasi Telkomsigma menerapkan protokol pencegahan Covid-19 untuk memastikan layanan kepada pelanggan tetap optimal.
Selama pandemi berlangsung, seluruh data center Telkomsigma memberlakukan sistem karantina secara shifting kepada tim yang bertugas dengan durasi onsite dan work from home (WFH) masing-masing tujuh hari secara bergantian. Hal ini dilakukan untuk menjaga keberlangsungan layanan kepada pelanggan.
Terlebih, dukungan infrastruktur ICT yang mumpuni dibutuhkan untuk menunjang berbagai sektor seperti kesehatan dan perbankan di tengah pandemi.
“Fokus kami saat ini adalah bagaimana kami dapat terus beroperasi secara ‘always on’ dalam memberikan layanan ICT bagi industri. Melalui aktivasi business continuity plan, menyiapkan satgas khusus dan protokol kesehatan secara menyeluruh, menjadi salah satu upaya kami untuk menjaga komitmen layanan data center kami kepada pelanggan,” ungkap CEO Telkomsigma Sihmirmo Adi dalam keterangan persnya, Rabu (20/5/2020).
Selain itu, Emergency Response (ER) Drill rutin dijalankan di ketiga data center Telkomsigma yang berada di Sentul, Serpong, dan Surabaya. Kegiatan ini melatih efektivitas seluruh protokol penanganan Covid-19 jika ditemukan suspect Covid-19 melalui berbagai skenario.
Salah satunya adalah ketika terdapat kasus pengunjung yang pingsan saat hendak registrasi ke area data center, sehingga diperlukan penanganan yang cepat dan terstruktur.
Lebih lanjut, protokol kesehatan Covid-19 lainnya diberlakukan seperti mewajibkan penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh hingga menetapkan akses keluar-masuk satu pintu. Selain itu, anak perusahaan Telkom Indonesia ini memanfaatkan aplikasi health tracking untuk memantau kondisi kesehatan karyawan.
“Bagaimana pun situasi yang terjadi saat ini, komitmen SLA dan kelancaran operation delivery dari layanan ICT Telkomsigma merupakan prioritas utama kami. Karena itu, selama PSBB di tengah pandemi Covid-19 yang juga menjelang momen Lebaran kali ini, kami ingin memastikan bahwa seluruh operasional data center Telkomsigma tetap normal,” jelas Adi.
Jelang Lebaran, Telkomsigma juga telah menyiapkan satuan tugas dalam Posko Siaga Hari Raya Idul Fitri (RAFI). Tim Satgas RAFI ini disiagakan untuk melakukan pemantauan selama 24/7 jam untuk memastikan seluruh layanan berjalan optimal.