Pupuk Kaltim Alokasikan THR Direksi dan Karyawan Rp 2,2 M untuk Donasi

Penulis Nurdian Akhmad

Jakarta, TopBusiness – PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menyalurkan donasi sebanyak Rp2,2 miliar kepada warga Bontang terdampak virus korona (covid-19) dalam bentuk paket sembako. Donasi tersebut berasal dari alokasi tunjangan hari raya (THR) jajaran direksi, dewan komisaris, hingga karyawan.

Adapun besaran alokasi THR jajaran direksi dan dewan komisaris Pupuk Kaltim senilai Rp1,2 miliar. Sementara donasi sukarela karyawan melalui pemotongan THR terkumpul sebanyak Rp1 miliar.

Dalam hal ini perusahaan menyalurkan ribuan paket sembako yang berisi 10 kilogram beras, satu dus mi instan isi 40 bungkus, dua liter minyak goreng, dan satu kilogram gula pasir. Paket sembako ini disalurkan secara bertahap di 15 kelurahan se-Kota Bontang.

Tahap pertama, bantuan disalurkan bagi masyarakat Kelurahan Loktuan Bontang Utara yang diserahkan secara simbolis oleh Direktur SDM dan Umum Pupuk Kaltim Meizar Effendi kepada Pemerintah Kota Bontang melalui Lurah Loktuan M. Takwin.

Meizar mengungkapkan donasi covid-19 yang dialokasikan oleh seluruh insan perusahaan merupakan tindak lanjut atas arahan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terkait biaya THR bagi direksi dan domisaris BUMN beserta anak dan cucu usaha BUMN.

“Sesuai arahan tersebut, anggaran THR jajaran Direksi dan Komisaris Pupuk Kaltim dialokasikan sepenuhnya untuk membantu masyarakat terdampak covid-19 di Kota Bontang. Ditambah donasi sukarela karyawan melalui pemotongan THR untuk disalurkan ke masyarakat,” terang Meizar dalam keterangan tertulis yang diterima , Jumat (22/5/2020).

Lebih lanjut, jelas Meizar, secara bertahap perusahaan telah menyalurkan 1.129 paket sembako bagi masyarakat Bontang melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Pupuk Kaltim sejak awal Ramadan. Ditambah 5.500 paket sembako dari program Pupuk Kaltim Berbagi 2020, dan diserahkan ke berbagai kalangan penerima manfaat.

“Untuk itu, masyarakat yang belum pernah menerima bantuan diharap bisa terakomodir dengan paket sembako ini,” ucap dia.

Lurah Loktuan M. Takwin menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kepedulian Pupuk Kaltim. Menurutnya, Pupuk Kaltim menjadi salah satu perusahaan yang berkontribusi secara signifikan selama pandemi covid-19 berlangsung, baik bagi tenaga medis hingga warga terdampak melalui ragam bantuan yang disalurkan.

“Banyak sekali bantuan yang diterima dari Pupuk Kaltim, baik melalui CSR maupun UPZ, bahkan saat ini langsung dari donasi karyawan bersama direksi. Semoga apa yang dilakukan menjadi berkah dan Pupuk Kaltim tetap hadir untuk masyarakat Bontang,” kata Takwin.

BACA JUGA

Tinggalkan komentar