Jakarta, TopBusiness – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melalui lini usaha transportasi dan logistic, PT Aerojasa Cargo secara resmi meluncurkan layanan pengiriman barang berbasis aplikasi digital dengan nama, KirimAja.
Menurut Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, ini merupakan layanan pengiriman barang berbasis aplikasi digital dengan jangkauan pengiriman barang ke sejumlah destinasi penerbangan yang dilayani oleh seluruh armada Garuda Indonesia, Citilink Indonesia maupun pengiriman untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) maupun wilayah antarkota lainnya yang didukung oleh layanan dari Aerojasa Cargo.
“Pandemi Covid-19 menuntut kami untuk semakin adaptif dan kreatif berakselerasi mengembangkan opportunity bisnis di era new normal. Dan salah satunya kami kembangkan melalui bisnis layanan logistic dengan memperkenalkan KirimAja yang merupakan layanan pengiriman barang berbasis aplikasi digital,” terang dia dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (3/6/2020).
Perkembangan pesat industri e-commerce di Indonesia, kata dia, serta munculnya tren baru pada era new normal, menjadikan sektor layanan logistik memiliki peran penting dalam menjembatani kebutuhan masyarakat akan layanan pengiriman barang secara cepat, tepat, dan efisien.
“Untuk itu, dengan Kirim Aja kami harapkan dapat menjadi pilihan tersendiri bagi masyarakat maupun sektor UMKM yang membutuhkan layanan pengiriman barang secara online. Juga didukung oleh layanan kargo udara yang terpercaya, baik dari sisi akurasi waktu pengiriman, keamanan paket, hingga tarif yang kompetitif,” lanjutnya.
Irfan kembali menegaskan, KirimAja juga turut didukung oleh business model berbasis komunitas (community based) yang tidak hanya semakin mendekatkan layanan kepada masyarakat, namun juga diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat yang bergabung sebagai agen pengiriman melalui program ‘Sohib KirimAja’.
Adapun saat ini telah terdapat agen Sohib KirimAja yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang dapat melayani pengiriman barang sampai dengan alamat tujuan pengiriman.
“Layanan pengiriman barang pada saat ini tidak hanya menjadi kebutuhan transaksional semata, melainkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat di era borderless untuk dapat menjalin silaturahmi dengan kerabat maupun kolega melalui pemberian hantaran/buah tangan sebagai bentuk perhatian pada masa pembatasan aktifitas masyarakat di masa pandemic,” ungkap Irfan
Dengan dilengkapi berbagai fitur yang dapat diakses dengan mudah seperti reservasi, booking management, real time tracking, tracing, pengecekan tarif pengiriman, hingga pembayaran yang dapat dilakukan dengan virtual account, aplikasi pendukung layanan KirimAja menawarkan konsep layanan ‘one-stop-service’ untuk kebutuhan pengiriman paket ke seluruh Indonesia.
Saat ini KirimAja dapat melayani pengiriman barang umum, mulai dari produk fashion, barang elektronik, perlengkapan rumah tangga, makanan kering, hingga produk non-perishable lainnya. Ke depannya, Kirim Aja akan turut mengembangkan kapasitas layanan lainnya, khususnya untuk segmentasi pengiriman makanan dengan durasi pengiriman yang lebih singkat. Saat ini, aplikasi KirimAja telah tersedia di seluruh platform mobile device, dapat digunakan baik iOS maupun android.
“Kehadiran KirimAja kami harapkan dapat menjadi langkah berkelanjutan perusahaan untuk tumbuh bersama masyarakat dengan mengembangkan model bisnis yang dapat mendukung upaya peningkatkan daya saing layanan kargo dan logistik Garuda Indonesia serta memberi kontribusi nyata terhadap kepentingan ekonomi masyarakat luas,” pungkas Irfan.
Foto: Istimewa