Pefindo Tetapkan Peringkat BBPI

Penulis Agus

Jakarta, TopBusiness – Lembaga pemeringkat efek Indonesia, PT Pefindo menetapkan peringkat idAAA untuk PT Bank BNP Paribas Indonesia (BBPI). Prospek untuk peringkat Perusahaan adalah stabil.

Demikian disampaikan analis, Adrian Noer dan Danan Dito, di Jakarta, melalui website pefindo.com

Obligor berperingkat idAAA merupakan peringkat tertinggi yang diberikan. Kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang relatif terhadap obligor Indonesia lainnya, adalah superior.

Peringkat tersebut mencerminkan dukungan yang sangat kuat dari induknya, BNP Paribas SA (mendapat peringkat A+/Negatif dari Standard & Poor’s), tingkat permodalan Bank yang sangat kuat, dan likuiditas dan fleksibilitas keuangan yang sangat kuat. Namun, kekuatan tersebut dibatasi oleh profil pinjaman dan simpanan yang terkonsentrasi.

“Peringkat dapat diturunkan bila menurut pandangan kami terdapat tingkat dukungan dari BNP Paribas yang menurun, yang dapat diindikasikan dari berkurangnya porsi kepemilikan dan pengendalian atas BBPI. Kami melihat bahwa pandemi Covid-19 telah meningkatkan profil risiko industri perbankan secara keseluruhan, menyebabkan
penurunan bisnis yang subtansial di hampir semua sektor, yang mengakibatkan penurunan permintaan kredit dan jasa layanan perbankan lainnya,” kata mereka.

Selain itu, perlambatan pertumbuhan bisnis telah menurunkan kemampuan membayar debitur, dengan penurunan kualitas aset yang selanjutnya akan memberikan tekanan tambahan pada indikator profitabilitas dan likuiditas. Pefindo melihat dampak pandemi Covid-19 terhadap profil kredit BBPI secara keseluruhan akan tetap terkendali, terutama dengan adanya dukungan yang sangat kuat dan berkelanjutan dari Induk.

Profil permodalan dan likuditas BBPI yang sangat kuat juga dapat memitigasi sebagian risiko akibat paparan yang substansial pada sektor yang terdampak pandemi. Pefindo akan terus memantau secara ketat dampak pandemi terhadap kinerja bank dan profil kredit secara keseluruhan.

Foto: Istimewa

BACA JUGA

Tinggalkan komentar