Jakarta, TopBusiness – Kimberly-Clark Softex (PT Softex Indonesia) terpilih sebagai Finalis ajang TOP Corporate Social Responsibility Awards 2021, yang diselenggarakan Majalah Top Business bekerja sama dengan sejumlah CSR, asosiasi bisnis, dan asosiasi CSR.
Terpilihnya Kimberly-Clark Softex sebagai Finalis bukan tanpa alasan. Pertama, Kimberly-Clark Softex sejak tahun 2016, telah membentuk Softex Indonesia Care Club sebagai wadah bagi para karyawan untuk terlibat secara aktif dalam berkontribusi bagai lingkungan dan masyarakat sekitar.
Kedua, perusahaan juga terus menghadirkan peran dan memberikan dukungan positif dalam percepatan penanganan COVID-19 pada era kenormalan baru.
Terakhir, ada kesempatan terbuka bagi pemegang saham, perusahaan serta karyawan untuk menjadi donatur di setiap program yang dilakukan.
Sebagai Finalis, Kimberly-Clark Softex telah mengikuti tahapan Presentasi dan Tanya-Jawab dengan Dewan Juri TOP CSR Awards 2021 yang diselenggarakan secara online pada Rabu, 24 Februari 2021. Hadir mewakili perusahaan dalam sesi ini manajemen yaitu Head of HR, GA & Sustainability, M. Zaenal Abidin; Manager of Corp. Business Analyst, Oki Purworiana; Asst. Manager Sustainability, Honey Lestari Liwe; Asst. Manager Talent Acq. & EB, A. Zamil; Sustainability Supervisor, Ade Yulianti Hasibuan; dan Sustainability Staff, Syaviera Aninda Putri Said.
Softex Indonesia Care Club (SCC)
Dalam sesi presentasi, yang disampaikan secara bergantian kepada dewan juri, dijelaskan sejak tahun 1976 hingga saat ini, Kimberly-Clark Softex berhasil mengembangkan produk menjadi 5 kategori: Perawatan Bayi, Perawatan Feminim, Perawatan Maternitas, Perawatan Dewasa, dan Perawatan Umum di bawah merek: Sweety, Softex, Confidence, Happy Nappy, dan Softies.
“Kami berkomitmen untuk menjalankan bisnis dengan memerhatikan norma moral dan sosial, selaras pada hukum, peraturan serta memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Kami juga berupaya untuk terus ikut serta dalam pencapaian Sustainable Development Goals(SDGs). Melalui penerapan good corporate governance (GCG), pengembangan inovasi dan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), kami telah ikut berkontribusi dalam pencapaian 9 SDGs,” jelas M. Zaenal Abidin.
“Kami percaya bahwa kesuksesan tidak selalu diukur dengan kinerja bisnis atau profitabilitas melainkan keseimbangan pada People, Planet,dan Profit. Oleh karena itu pada tahun 2016, kami membentuk Softex Indonesia Care Club sebagai wadah bagi para karyawan untuk terlibat secara aktif dalam berkontribusi bagi lingkungan dan masyarakat sekitar,” lanjutnya.
Saat pandemi sekarang ini, ia menambahkan, perusahaan berupaya untuk terus menghadirkan peran dan memberikan dukungan positif dalam percepatan penanganan COVID-19 pada era kenormalan baru. Dengan memberi kesempatan bagi pemegang saham, perusahaan serta karyawan untuk menjadi donatur di setiap program yang kami lakukan.
Ade Yulianti Hasibuan menjelaskan tujuan SCC dengan slogan “Sharing With Care” pertama, meningkatkan kualitas hidup semua orang dan keluarga di Indonesia; Kedua, meningkatkan ikatan antara karyawan melalui kegiatan sosial dan membantu masyarakat; Ketiga, menumbuhkan kepemimpinan karyawan dalam menghadapi hambatan dan kesulitan.
Bentuk Program CSR
Program CSR Kimberly-Clark Softex berfokus pada 3 bidang yaitu pertama, Lingkungan dengan kegiatan pengolahan popok bayi bekas pakai, konservasi keanekragaman hayati. Kedua, Pendidikan berupa kegiatan promosi kesehatan menstruasi dan reproduksi wanita ke siswi SMP, peningkatan kualitas pendidikan serta pembinaan PAUD, dan nutrisi tambahan bagi sekolah binaan. Ketiga, Filantropi dengan melaksanakan kegiatan pemenuhan kebutuhan pokok dan medis di masa pandemi, penyediaan heigh chart & smart blanket, tanggap darurat bencana alam, dan program disabilitas.
“Dampak program CSR yang dijalankan pada tahun 2020 untuk Lingkungan berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp1,408 Miliar dan disalurkan ke 3.762 penerima. Pendidikan terkumpul dana Rp1.658 Miliar dan sudah disalurkan 2.379 penerima. Sedangkan Filantropi berhasil mengumpulkan dana Rp1.148 Miliar dan disalurkan 9.125 penerima,” ungkap M. Zaenal Abidin.
“Tercatat 732 volunteer ikut berpatisipasi pada berbagai kegiatan di ketiga bidang itu di tahun 2020. Dengan lokasi pelaksanaan di 25 kota, 14 provinsi,” tambahnya.
Hasil dan Dampak Program CSR
Kepada dewan juri, Ade Yulianti Hasibuan menjelaskan program CSR yang telah dijalankan itu memberikan hasil yaitu 10.735 ton popok bayi bekas pakai telah terolah, menghasilkan 8 produk olahan, 22 titik pengumpulan yang tersebar di 4 kota/kabupaten, dan melibatkan 25 pekerja lokal.
“Sedangkan dampaknya berupa adanya peningkatan employer branding, dan Kimberly-Clark Softex berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” ujarnya kepada dewan juri.
“Berkat berbagai program CSR tersebut, kami juga telah meraih sejumlah penghargaan terkait program CSR di level internasional dan nasional,” tutupnya.
Penulis: Teguh Imam Suyudi