Jakarta, TopBusiness – Dengan mengalokasikan 10% dari keuntungan perusahaan untuk kegiatan CSR, PDAM Jayapura dicatat terus berupaya memberi kontribusi tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat. Salah satunya, PDAM Jayapura aktif dalam gugus tugas Covid-19 guna ikut meminimalisasi dampak pandemi yang ada khususnya di Jayapura.
Menurut Direktur Utama PDAM Jayapura Dr.H. Entis Sutisna SE.MM dalam Wawancara Penjurian TOP CSR Awards 2021, banyak inisiatif program yang telah dilakukan perusahaan dalam mendukung gugus tugas Covid-19. Setidaknya ada 4 program CSR yang telah dilaksanakan pada masa Pandemi. Keempat program tersebut adalah:
Pertama. Mendukung pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 di Kabupaten dan Kota Jayapura. Kedua. Pembuatan Wastafel Portable yang ditempatkan ditempat-tempat umum, pasar, mall, puskesmas, sekolah, terminal guna mendukung gerakan mencuci tangan yang bersih dan sehat. Ketiga. Membagikan masker secara gratis. Keempat. Menghadirkan layanan air bersih gratis melalui mobil tangki air untuk penyediaan air di wastafel yang dibuat oleh komunitas warga, pasar dan tempat umum lainnya.
“PDAM Jayapura sesungguhnya memiliki peran strategis dalam keikutsertaannya dalam gugus tugas Covid-19. Setidaknya ada 2 peran strategis terkait hal itu. Pertama, perusahaan mengalokasikan dana bagi kegiatan pembangunan infrastruktur air bersih di RS Rujukan Covid-19 di RS Muara Tami, RS Bhayangkara, dan RS Lantamal. Kedua, perusahaan juga terus menjamin distribusi air yang lebih lancar untuk penanganan pasien Covid-19”, kata Entis Sutisna.
Program CSR Unggulan
Menurut Entis Sutisna kembali, banyak program CSR yang telah dilakukan PDAM Jayapura selain aktif dalam gugus tugas Covid-19. Dari banyaknya program yang dilakukan, perusahaan dicatat memiliki setidaknya 2 program CSR unggulan. Program unggulan tersebut adalah sebagai berikut.
- Program Bantuan 300 Sambungan Rumah bagi Masyarakat Terkena Banjir Bandang Maret 2019 di Sentani Kabupaten Jayapura
Program ini merupakan program pemasangan instalasi jaringan air bersih perpipaan. Keunggulan program ini adalah memberi kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh air bersih langsung di kran-kran air yang terpasang di rumah dengan kualitas yang memenuhi syarat kesehatan dibandingkan dengan menggunakan sumur bor. Dengan program ini, taraf kesehatan masyarakat dapat meningkat dan dapat mengurangi beban ekonomi masyarakat jika membeli air melalui mobil tangki air.
2. Bantuan Air Bersih Melalui Mobil Tangki Air
Program ini merupakan program untuk membantu masyarakat yang kesulitan air bersih yang bukan pelanggan PDAM dan belum terpasang pipa distribusi. Melalui program ini, pemenuhan kebutuhan air bersih secara cepat dan langsung dapat dinikmati. Sebagai dampaknya, masyarakat menjadi terbantu dalam menjaga pola hidup sehat di masa pandemi Covid-19.
Bawa Citra Positif
Menurut Entis Sutisna, program CSR yang saat ini dilakukan oleh perusahaan selain membawa dampak baik bagi masyarakat, juga dicatat mampu meningkatnya citra perusahaan di mata pemangku kepentingan.
Guna menjalin hubungan kemasyarakatan yang lebih baik, PDAM Jayapura juga melakukan kerja sama dengan komunitas pemerhati lingkungan agar ikut peduli terhadap keberadaan pegunungan cycloop dan sungai-sungai yang ada. Semuanya untuk ikut menekan dampak kerusakan yang ada saat ini dan mampu untuk mempertahankan tingkat produksi air.
Disamping itu, PDAM Jayapura juga telah bekerjasama dengan Pemerintah Kota Jayapura untuk mengelola beberapa taman binaan dan beberapa Tugu yang ada di Pusat Kota Jayapura. Tujuannya untuk ikut berperan mempercantik kota. Beberapa taman dan Tugu yang dikelola diantaranya adalah Taman Gapura Kota, Taman Lumba-Lumba, dan Tugu Adipura.
Penulis: Irawan Joko Nugroho