Jakarta, TopBusiness – Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia bersama dengan Emirates mengumumkan peluncuran kerja sama codeshare yang berlaku mulai Rabu (9/3/2022). Melalui kerja sama codeshare ini, Garuda Indonesia dan Emirates mengembangkan perluasan konektivitas jaringan penerbangan ke 16 rute penerbangan di Indonesia, Timur Tengah (Timteng), hingga Eropa yang dilayani masing-masing maskapai.
Peluncuran kerja sama codeshare ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman yang telah dilakukan pada November 2021 serta mengacu pada perijinan dari regulator untuk mengoperasikan rute-rute yang termasuk dalam kerja sama codeshare ini.
Melalui kemitraan codeshare ini, pengguna jasa Garuda dapat memperoleh ragam pilihan aksesibilitas jaringan penerbangan yang lebih seamless ke berbagai destinasi penerbangan yang dilayani Emirates seperti Dubai, Paris, London Heathrow, Manchester, Milan and Barcelona.
Sementara itu, pengguna jasa Emirates turut dapat memilih ragam konektivitas rute penerbangan ke berbagai destinasi unggulan di Indonesia yang dilayani Garuda Indonesia melalui dua hub penerbangan Jakarta dan Denpasar.
Adapun sejumlah destinasi penerbangan tersebut di antaranya adalah Denpasar, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Manado, Medan, Padang, dan Solo yang akan dilayani melalui hub Jakarta. Sedangkan tujuan domestik yang dilayani melalui hub Denpasar, adalah Jakarta, Surabaya, dan Makassar.
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, menghadirkan aksesibilitas layanan penerbangan yang lebih seamless ke lebih banyak destinasi adalah fokus utama perseroan untuk memberikan nilai tambah kepada pelanggannya.
“Sebagai salah satu mitra strategis codeshare kami, Emirates akan memberikan akses ke pilihan destinasi internasional yang lebih luas dan meningkatkan kenyamanan pada layanan bersama kami,” ujar Irfan dalam keterangannya dikutip Jumat (11/3/2022).
“Kemitraan ini sejalan dengan komitmen Garuda terhadap pemulihan ekonomi nasional dan menghubungkan Indonesia dengan dunia. Dengan semakin banyak negara yang melonggarkan pembatasan perjalanan dan membuka kembali perbatasan, kami berharap dapat melayani pengguna jasa Emirates yang terbang ke Indonesia, dan pengguna jasa Garuda yang bepergian ke lebih banyak tujuan di seluruh dunia,” papar Irfan.
Sementara itu, Adnan Kazim, Chief Commercial Officer, Emirates mengatakan, “Kami senang dapat menjalin kemitraan dengan Garuda Indonesia untuk menghadirkan konektivitas tanpa batas kepada pelanggan kedua maskapai.”
Sekarang, lanjut Adnan, adalah waktu yang tepat untuk memulai kerja sama karena wisatawan sudah mulai merencanakan perjalanan liburan seiring pemulihan industri perjalanan, dan pelaku bisnis mencari kenyamanan perjalanan yang mulus.
“Kerja sama codeshare ini akan memungkinkan kami untuk memperluas jangkauan kami, dan memungkinkan pelanggan kami untuk menggunakan layanan kami dan terbang ke destinasi domestik Indonesia lainnya selain Jakarta dan Bali,” katanya.
“Kami juga senang dapat menghadirkan akses ke destinasi populer di luar Dubai yang dikunjungi oleh wisatawan Indonesia serta banyak manfaat lainnya kepada pelanggan Garuda Indonesia. Kami berharap dapat terus memperkuat kemitraan kami dan memperkenalkan lebih banyak manfaat dan nilai tambah yang dapat dinikmati oleh pelanggan kedua maskapai.”
Selain mengembangkan perluasan jaringan penerbangan, Garuda Indonesia dan Emirates turut menjajaki jalinan kerja sama strategis melalui program frequent flyer, yang memungkinkan pelanggan kedua maskapai mendapatkan dan menukarkan poin loyalty dengan reward tiket, fitur upgrades, dan manfaat eksklusif lainnya.
Garuda Indonesia saat ini memiliki kemitraan codeshare dengan lebih dari 23 mitra maskapai dan 70 mitra interline yang menawarkan konektivitas penumpang Garuda Indonesia ke ratusan tujuan di seluruh dunia. Sementara itu, Emirates saat ini memiliki kemitraan codeshare bersama 23 mitra maskapai dan kerjasama interline dengan lebih dari 115 maskapai penerbangan dan perusahaan kereta api.
FOTO: Istimewa