Jakarta, TopBusiness – Perusahaan Daerah Air Minum (PERUMDA) Apa’ Mening merupakan Badan Usaha Milik Daerah Pemerintah Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara yang bertugas memberi layanan terbaik kepada pelanggan dengan menyediakan air dengan kuantitas, kesinambungan dan kualitas yang baik melalui operasi yang unggul.
Dalam memberikan pelayanan, segenap insan Perumda Apa’ Mening dibekali nilai-nilai FIST, yaitu; Focus, Integrity, Service dan Team Work. Focus dalam arti mampu berkonsentrasi pada sasaran dan target yang harus dicapai. Integrity yaitu jujur, komitmen dan konsisten dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Service, memberikan pelayanan terbaik (berkualitas) sesuai harapan dan kebutuhan pelanggan.
“Terakhir, Team Work yaitu menciptakan suasana dan lingkungan kerja yang nyaman, kompak dan bersinergi,” ujar Saiful Bahri selaku Direktur Perumda Apa’ Mening Kabupaten Malinau saat sesi penjurian TOP BUMD Awards 2022 secara online oleh Majalah Top Business, Senin (11/4/2022).
Begitupun di era Society 5.0, Perumda Apa’ Mening siap menyongsong dengan memberi layanan terbaiknya. Hal ini sesuai dengan tagline Perumda Apa’ Mening yaitu Determinasi melayani dan memberi yang terbaik.
Era Society 5.0 adalah era dimana masyarakat dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 seperti Internet on Things (internet untuk segala sesuatu), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data (data dalam jumlah besar), dan robot untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Society 5.0 juga dapat diartikan sebagai sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi.
“Adanya Pandemi-Covid 19” memaksa perilaku masyarakat untuk beralih ke pola digital secara masif untuk semua kegiatan mulai dari School From Home, Work From Home, Meeting Secara On-Line termasuk melakukan interaksi dengan PDAM,” kata Saiful Bahri.
Menhadapi Smart Society 5.0, Perumda Apa’ Mening memiliki rencana Inovasi Bisnis, yaitu Virtual Reality.
“Kedepan itu teknologi yang akan masuk adalah VR atau Virtual Reality, dimana pelanggan atau calon pelanggan masuk ke kantor virtualnya Perumda Apa’ Mening dan dilayani oleh avatar-avatar petugas yang bersangkutan sesuai maksud dan tujuan nya. Kalau dia berupa fisik orang satu petugas, hanya bisa melayani satu tamu di satu waktu. Namun jika menggunakan VR dalam satu waktu avatarnya bisa di copy paste untuk melayani banyak tamu dalam satu waktu,” jelas Saiful Bahri.
Penulis: Mi’roji