Jakarta, TopBusiness – Perusahaan Umum Daerah Air Minum alias PUDAM Tirta Baribis Kabupaten Brebes terus-menerus memacu diri untuk meningkatkan kinerja layanan pelanggan dan keuangan agar tercapai kualitas, kuantitas dan kontinuitas.
Akhirnya, perusahaan mengintegrasikan dan mengkolaborasi beragam faktor yang ada, seperti pengoptimalan sumber daya manusia dibarengi pemanfaatan teknologi informasi atau TI dengan dilandasi tata kelola perusahaan yang baik (GCG).
“Kami terus berupaya meningkatkan tata kelola bisnis dengan berbagai upaya-upaya yang dapat dilakukan, serta akan memberikan dukungan penuh suplai air kepada masyarakat Kabupaten Brebes,” kata Direktur Utama PUDAM Tirta Baribis Agus Isyono dalam rapat zoom penjurian yang berlangsung di Jakarta, baru-baru ini.
Bagi Tirta Baribis Kabupaten Brebes untuk meningkatkan kinerja bisnis guna menuju perusahaan unggul di seluruh aspek, modern dan berwawasan lingkungan berkelanjutan pula, maka diperlukan peningkatan kualitas human capital (HC).
Selain, melakukan transformasi keunggulan teknologi digital agar dapat memberikan konstribusi terbaiknya bagi seluruh masyarakat untuk mendapatkan akses air bersih dengan mudah dan meningkatkan kesehatan bagi seluruh masyarakat.
Gilirannya, pembenahan dan pemolesan HC sangat menentukan sukses organisasi struktural. Karena HC merupakan aset besar dalam mencapai target perusahaan. “Tanpa keunggulan sumber daya manusia yang unggul serta kualitas kompetensi yang rendah maka capaian kinerja perusahaan pun akan rendah. Akan tetapi sebaliknya jika kompetensi SDM unggul, cakap dalam seluruh hal maka capaian dan target perusahaan pun akan memuaskan bagi seluruh manajemen, pemegang saham dan juga masyarakat,” papar Agus di hadapan Dewan Juri TOP BUMD Awards 2024.
Dalam hal peningkatan kualitas HC, Tirta Baribis sangat serius terkait pemolesan seluruh karyawan dari level paling bawah hingga tertinggi. Dan tidak hanya berhenti di situ saja, pihak direksi dan juga komisaris mendapatkan perhatian agar bisa meningkat kualitas kompetensinya.
Sehubungan dengan hal tersebut, berbagai kursus, training bahkan program belajar dengan berbagai program studi diberikan dan perhatian besar dari manajemen. Selanjutnya, seluruh bagian dan divisi diwajibkan mengikuti uji kompetensi profesi, bahakan direksi dan komisaris pun diwajibkan.
Sementara itu, dalam rangka mengejar target kinerja apik dan unggul, Tirta Beribbis pun menyematkan teknologi mumpuni guna mendukung capaian terbaik, seperti GIS (Geographic Information System) dan SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition). Kedua keunggulan teknologi ini sangat memberikan dukungan signifikan dalam pelayanan kepada pelangan dan operasional dari hulu ke hilir.
Menurut Agus, kendala yang dihadapi perusahaan saat ini adalah jangkauan seluruh masyarakat belum tercapai, jaringan pemipaan yang harus segera berganti karena sudah berusia 30 tahun, dan jaringan pemipaan yang terkendala oleh kontur alam yang berbukit-bukit, serta ketersedian air baku terpengaruh oleh air payau akibat kadar garam yang cukup tinggi. “Harapan, kami bisa mendapatkan bantuan hiba dari negara donor agar bisa memberikan suplai air bersih seratus persen bagi Kabupaten Brebes,” tegasnya.
Lanjut dia berharap, kedua teknologi GIS dan SCADA ini akan menghasilkan capaian kinerja layanan terbaik dalam menekan NRW. “Dengan berkurangnya 1 persen saja NRW ini, dapat menghasilkan kehilangan dengan angka minimal miliran rupiah”, tegas Agus.
Setelah menggunakan GIS, Tirta Baribis dapat menekan NRW atau tingkat kehilangan airnya sebanyak 0,5 persen, menjadi 26,23 persen, padahal sebelumnya masih di angka 27.
Tak kalah penting untuk peningkatan layanan kepada konsumen mendapatkan polesan pula. Saat ini seluruh layanan kepada konsumen telah dilakukan secara digital, baik dari pelayanan pengaduan, pemasangan sambungan baru serta tagihan rekening air.
Untuk mempermudah layanan kepada pelanggan, maka Tirta Baribis membangun Forum Pelanggan Brebes (FORPAMBES) dan juga dibuatkan grup WA agar seluruh keluhan pelanggan dapat diwadahi dan segera ditangani. Untuk mempercepat layanan ini pun dibangun SMS GATEWAY, ini sebuah kinerja apik dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan air pemipaan di Kabupaten Brebes. Karenanya, Tirta Baribis mendapatkan nilai Index dalam capaian kepuasan pelanggan sebasar 2,81 pada tahun 2020, termasuk yang terbaik.