Jakarta, TopBusiness – PDAM Way Sekampung merupakan Badan Usaha Milik Daerah Kabupaten Pringsewu. PDAM Way Sekampung berkomiten memberikan layanan penyediaan air bersih bagi masyarakat di Kabupaten Pringsewu. Kinerja PDAM Way Sekampung terus mengalami peningkatan.
Hal ini terlihat pada kinerja tahun buku 2022, PDAM Way Sekampung memperoleh Predikat ”SEHAT” dan Audit Keuangan ”WTP” untuk pertama kalinya. Tak sampai di situ, PDAM Way Sekampung juga menjadi PDAM nomor satu di Provinsi Lampung berdasarkan penilaian peringkat Kementerian PUPR tahun 2022.
“Tahun 2023 pendapatan kami mengalami peningkatan, dari Rp. 3.142.237.295 menjadi Rp. 4.523.982.936. Hal ini menunjukan bahwa PDAM Way Sekampung berhasil menerapkan peningkatan pendapatan,” terang Direktur PDAM Way Sekampung Muhammad Hatta saat presentasi penjurian TOP BUMD Awards 2024 secara online oleh Majalah TopBusiness, Senin (12/2/2024).
Muhammad Hatta menambahkan, keberhasilan tersebut merupakan buah dari beberapa langkah yang telah dilakukan PDAM Way Sekampung, seperti;
- Peningkatan Jumlah Pelanggan SR
- Metode Laporan Keuangan disesuaikan dengan Standar Akuntansi Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP)
- Keberhasilan penurunan tingkat kebocoran yang semula diatas 33% menjadi 28%
- Memperbanyak peningkatan kualitas SDM dengan Pelatihan online maupun Ofline
- Peningkatan efektivitas tagihan untuk Mengurangi tunggakan pelanggan
“Inovasi lainya yaitu kami melakukan perluasan pembayaran Rekening Air online, pembacaan MMR (mobile meter reading), peningkatan sistem administrasi dan laporan keuangan dan penggunaan pompa PATH (pompa air tenaga hidro) yang hemat energy listrik,” tutur Muhammad Hatta.
PDAM Way Sekampung juga mengimplementasikan dan memanfaatkan Teknologi Informasi seperti Penggunaan sosial media seperti Website Perusahaan (pdamwaysekampung.co.id) Facebook (Pdam Pringsewu Real), Whatsapp, dan Youtube (PDAM Way Sekampung Pringsewu).
“Ini untuk memberikan berbagai informasi yang berhubungan dengan perkembangan perusahaan dan perkembangan pelayanan kepada pelanggan setia kami. Dengan memanfaatkan Web PDAM, selain memberikan informasi berupa foto kegiatan dan berita online, pelanggan dapat mengakses untuk mengetahui jumlah tagihan rekening air dan mengirim pesan atas keluhan pelanggan,” pungkas Muhammad Hatta.
Editor: Nurdian