Jakarta, TopBusiness – Penghargaan TOP CSR Awards 2024 telah diberikan kepada sejumlah perusahaan terkemuka dari berbagai sektor bisnis di Indonesia (29 Mei 2024) di Dian Ballroom Hotel Raffles, Jakarta.
Penghargaan tersebut merupakan kesinambungan dari tahun-tahun sebelumnya sejak 2016, dan digelar oleh Majalah TopBusiness berkolaborasi dengan sejumlah lembaga.
Lembaga tersebut antara lain (PaGI) Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia, Asosiasi GRC, LKN(Lembaga Kajian Nawacita), CoreBest, MB Consulting (Mitra Bhadra Consulting), ISVI (Institut Shared Value Indonesia), SKB(Solusi Kinerja Bisnis), SDP(Sinergi Daya Prima), Dwika Consulting, MelaniK. Harriman and Associate, serta beberapa pakar dan konsultan CSR.
Acara tersebut dihadiri oleh hampir 600 orang dari berbagai kalangan, termasuk para CEO/pimpinan perusahaan yang memenangkan penghargaan tersebut.
Ada beberapa perusahaan dengan performa CSR yang bagus dan tergolong CSR-nya yang paling top di Indonesia, serta mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut.
Diantaranya adalah BSI Maslahat, Kideco Jaya Agung, Multi Harapan Utama, MMS Group Indonesia, Chandra Asri Pacific, Petrokimia Gresik, Semen Indonesia (Persero) Tbk, Datang DSSP Power Indonesia, dan Pupuk Kalimantan Timur.
Selain itu, ada juga Indo Tambangraya Megah, Borneo Indobara, Bank BRI, AICE Group, Danareksa (Persero), Telen Orbit Prima, Haleyora Power, Hutama Karya, Migas Utama Jabar, Semesta Centramas, Antang Gunung Meratus, Peruri, PGN, Kawasan Industri Terpadu Batang, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Transportasi Gas Indonesia, Indocement Tunggal Prakarsa, Kutai Energi, Surya Energi Indotama dan banyak Perusahaan CSR terbaik lainnya.
Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2024, M. Lutfi Handayani, MM., MBA mengatakan bahwa tema yang diangkat untuk tahun 2024 ini adalah ‘CSR & ESG Innovation Programs for Sustainable Business Growth’, atau ‘Inovasi-Inovasi Program CSR dan ESG yang dapat mendukung tumbuhnya bisnis perusahaan secara berkelanjutan’.
Dalam artian, CSR dan ESG diekspektasikan tidak hanya memberikan manfaat sosial untuk masyarakat dan lingkungan, namun harus selaras dengan strategi bisnis, harus mendukung pencapaian target-target bisnis, agar kinerja perusahaan dapat terus tumbuh secara berkelanjutan.
Tema tersebut pun bertujuan mendorong perusahaan-perusahaan untuk mengimplementasikan ESG dan CSR dengan mengadopsi ISO 26000 SR dan ESG. Perusahaan perlu lebih bertanggung jawab terhadap dampak yang ditimbulkan dari operasional bisnis. “Jika tanggung jawab tersebut berjalan, maka banyak masalah sosial-ekonomi di Indonesia teratasi dengan sendirinya,” kata Lutfi yang juga Pemimpin Redaksi Majalah TopBusiness tersebut.
Investor pun kini menuntun perusahaan untuk menjalankan ESG (environment, social, and governance). “Hal ini pun perlu diperhatikan agar bisnis bisa tumbuh sinambung, peduli sosial, dan bertata kelola baik,” papar Lutfi.