Jakarta, TopBusiness – Metra Digital (MD) Media paham betul pentingnya tata kelola yang baik dalam perusahaan, khususnya terkait implementasi Governance, Risk, and Compliance (GRC). Sebab itu, pihaknya terus berkomitmen untuk berupaya melengkapi berbagai infrastruktur penunjang.
“GRC sudah kita implementasikan sejak satu tahun terakhir. Kita paham pentingnya compliance di MDMedia walaupun kita di bidang industri – tidak banyak perusahan yang consent di bidang governance, compliance,” ungkap Awy Sirapurna Putra selaku Corporate Secretary MDMedia saat mengikuti wawancara penjurian TOP GRC Awards 2024 secara daring, Jumat (2/8/2024).
Apalagi, masih menurut Awy, MDMedia sebagai anak perusahan BUMN dituntut untuk menjalankan tata kelola perusahaan yang baik agar dapat memberikan layanan terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan. “Karena kita bagian dari anak perusahaan BUMN kita juga dituntut untuk (menerapkan) compliance,” kata Awy mengawali presentasinya.
“Kita setahun terakhir sudah mempersiapkan struktur organisasi yang menggawangi terkait dengan GCG, dengan adangnya fungsi risk, internal audit dan tim legal terus diperkuat untuk compliance. Bahwa MDMedia itu komit dalam mengimplementasikan governance di perusahaan,” lanjutnya.
Hal senada juga disampaikan Dion selaku Manajer Risk menjelaskan bahwa, MDMedia terus melakukan upaya penguatan dan perbaikan di tata kelola perusahaan, khususnya terkait GRC. “Kita dalam satu tahun terakhir ini memang melakukan perbaikan-perbaikan dengan penguatan di governance dan risk dan compliance-nya juga,” tegasnya.
Integrasi GRC dan SDGs
Masih menurut Dion, MDMedia meyakini bahwa penerapan praktik tata kelola yang baik tidak hanya akan meningkatkan efisiensi operasional, melainkan juga menjaga keberlanjutan bisnis dalam jangka panjang (SDGs). Oleh sebab itu, integrasi antara GRC dan SDGs sangat diperhatikan agar dapat membangun kepercayaan dan keyakinan di antara para pemangku kepentingan untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan bisnis berkelanjutan.
“Terkait sustainable bisnis perusahaan, kami meyakini bahwa setiap praktik kegiatan yang ada di MDMedia, seluruh kegiatan bisni baik itu di dalam prosesnya di internal maupun yang melibatkan pihak eksternal juga memastikan kita menggunakan atau mengimplementasikan tata kelola yang baik tentunya,” bebernya.
“Karena kami sebagai insan perusahan ini menginginkan bahwa MDMedia ini akan berjalan secara jangka panjang jauh ke depan. Kita juga memiliki target dan harapan yang jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” imbuhnya.
Komitmen inilah, lanjut Dion, yang selalu digaungkan oleh pihak manajemen baik dari jajaran dewan direksi (BOD) maupun jajaran komisaris (BOC) di setiap pertemuan agar menjadi landasan bagi tanggung jawab sosial perusahaan dan memberikan kontribusi positif bagi keberhasilan perseroan secara keseluruhan dan juga memiliki dampak sosial lainnya.
“Komitmen-komitmen inilah yang selalu ditekankan dari BOD kami ataupun dari komisaris kami di setiap kesempatan, karena kami juga memiliki agenda rutin yang memang dilakukan secara berkala adalah pertemuan antara BOD dengan senior leader dan tim di dalamnya,” jelasnya.
“Serta BOD dan BOC yang dimana setiap pertemuannya itu pembahasannya mengenai bagaimana praktik-praktik implentasi GRC juga yang terkait dengan pencapaian atau performance ataupun, sesuai dengan target atau tidak? itu dibahas dalam pertemuan berkala,” imbuhnya.
Komitmen manajemen MDMedia terkait implementasi GRC juga diwujudkan dalam penyusunan dan penegakan pedoman tata kelola perusahaan yang komprehensif. Pedoman ini berfungsi sebagai kerangka kerja panduan untuk mengatur organ-organ utama perseroan, seperti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Dewan Komisaris, dan Direksi, guna memastikan keselarasan dengan standar tata kelola yang telah ditetapkan.
“Tentunya dari komisaris itu memastikan bahwa MDMedia menjalankan tata kelola yang baik sehingga sedikit-banyak itu membantu sustainability perusahan itu sendiri. Dan diharapkan kita juga memiliki nilai jual atau value added yang bisa lebih meningkatkan dari sisi bisnis, kemudian meningkatkan kepercayaan stakeholder, juga meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan menggunakan layanan MDMedia,” jelasnya.
Tak hanya itu, MDMedia juga selalu memastikan setiap produk dan layanan yang diberikan kepada pelanggan sesuai dengan yang dibutuhkan. “Dari kami setiap layanan yang disampaikan kepada costumer, itu sudah kami pastikan memberikan yang terbaiak sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh customer,” tegasnya.
Selain itu, untuk menunjang implementasi GRC, MDMedia juga telah menjalankan Pedoman Sistem Pelaporan Pelanggaran (Whistleblowing System) perusahaan menjamin dan memastikan adanya perlindungan kerahasian pelapor, baik karyawan maupun pihak ketiga yang menyampaikan keluhan atau laporan dugaan tindak pelanggaran.
Perusahaan senantiasa mengedepankan kerahasiaan dan asas praduga tidak bersalah dan asas-asas Whistleblower dalam menindaklanjuti setiap aduan atau laporan yang disampaikan sebagaimana diatur dalam prosedur penanganan Whistleblower perusahaan.